Kabar NTB

Pemprov NTB Komit Entaskan Kemiskinan

219
×

Pemprov NTB Komit Entaskan Kemiskinan

Sebarkan artikel ini

Mataram, Kahaba.- Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalillah memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan.

Pemprov NTB Komit Entaskan Kemiskinan - Kabar Harian Bima
Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalillah saat menyampaikan sambutan pada rapat penuntasan kemiskinan. Foto: Ist

Komitmen tersebut disampaikan Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalillah saat menggelar Rapat Koordinasi Teknis Penanggulangan Kemiskinan NTB tahun 2018 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Provinsi NTB, baru-baru ini.

Pemprov NTB Komit Entaskan Kemiskinan - Kabar Harian Bima

Untuk mendukung pengentasan kemiskinan tersebut, Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi tersebut menjelaskan perlunya inovasi dalam program yang dirancang. Termasuk, sinergi dari seluruh pihak untuk melayani masyarakat NTB.

“Harus ada inovasi, jangan hanya hangat saat diributkan saja, untuk mendukung agar program tepat sasaran, data harus benar dan valid, sumbernya adalah basis data terpadu yang harus terus divalidasi datanya,” katanya melalui Bagian Humas dan Protokol Provinsi NTB.

Hj Rohmi yang saat itu didampingi Kepala Bappeda Provinsi NTB, Ridwansyah menyampaikan arahannya terkait penanggulangan kemiskinan yang seyogyanya tidak sebatas pada program muluk, namun betul-betul bisa terealisasi serta real dapat diimplementasikan di masyarakat.

“Hal utama yang harus didorong adalah bagaimana suatu program bisa fokus di kabupaten yang mengantongi kemiskinan terbanyak di NTB, sehingga istilahnya sekali dorong tapi dengan kekuatan penuh dan apa yang diharapkan bersama terlihat secara nyata dan terukur,” inginnya.

Wagub Ummi Rohmi juga menyampaikan agar kedepan program-program yang ada bisa saling menutupi satu sama lain, membutuhkan kerendahan hati untuk bisa saling bantu satu sama lain dalam rangka mencapai target masing-masing, sebab melihat rencana yang ada sudah sangat luar biasa.

Tak hanya itu, ia juga mengkampanyekan untuk menggunakan dan mensosialisasikan produk-produk lokal NTB. Ditekankan pula oleh Wagub adanya sinergi dan kesatuan visi dari para pemegang tampu kepemimpinan dalam bekerja.

Sejalan dengan harapan Hj Rohmi, pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Provinsi NTB, H Ridwansyah juga mengajak seluruh kepala OPD untuk terus meningkatkan sinergi antara eksekutif dan legislatif, sehingga program pengentasan kemiskinan ini akan terus berinovasi dan mengoptimalkan penggunaan anggaran yang ada.

Diakhir kesempatan Ridwansyah menyimpulkan kelanjutan rapat hari itu dalam beberapa poin penting yakni; soal basis data yang harus terkoordinir dengan baik, kepastian pembahasan berbagai program penanggulangan kemiskinan dalam rapat agar masuk dalam RPJMD, serta pelaksanaan rapat teknis lanjutan dengan mengundang Kabupaten/Kota dan NGO sekitar awal November, setelah RPJMD selesai.

*Kahaba-01