Kabar NTB

UKW Penting, Agar Profesi Wartawan Diperbaiki

321
×

UKW Penting, Agar Profesi Wartawan Diperbaiki

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Sumbawa, Kahaba.- Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dihelat PWI Perwakilan Kabupaten Sumbawa 2 hari, Jumat – Sabtu (15-16/7). Sebelum dimulai, kegiatan diawali dengan pembekalan oleh Tim Penguji dan Perjamuan Selamat Datang oleh Bupati Sumbawa di pandopo bupati.

UKW Penting, Agar Profesi Wartawan Diperbaiki - Kabar Harian Bima
Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menyampaikan selamat datang untuk peserta UKW. Foto: Bin

Pada momen perjamuan Bupati Sumbawa, Kamis malam (14/7) dihadiri Sekda Sumbawa, sejumlah pejabat dan para Tim Penguji UKW.

UKW Penting, Agar Profesi Wartawan Diperbaiki - Kabar Harian Bima

Ketua PWI Perwakilan Sumbawa Zainuddin saat sambutan mengatakan, UKW ini kegiatan perdana di Pulau Sumbawa. Dilaksanakan selama 2 hari dan pada hari ke tiga diakhiri dengan press trip ke Pulau Moyo.

“Kami ingin menggelar UKW berbeda dari daerah lain. Press Trip dengan maksud para peserta UKW dapat mengeksplor destinasi wisata yang ada di Sumbawa,” katanya singkat.

Di tempat yang sama, Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menyampaikan selamat datang untuk peserta UKW. Dirinya berharap UKW bisa berjalan dengan baik.

UKW Penting, Agar Profesi Wartawan Diperbaiki - Kabar Harian Bima
Foto bersama Bupati Sumbawa, pejabat, Tim Penguji dan peserta UKW. Foto: Bin

“Kami berkeinginan teman-teman wartawan tidak main-main, tidak perlu lagi ada wartawan yang kawe-kawe. Profesi ini perlu dijaga karena saya lihat ada oknum-oknum yang ngaku-ngaku wartawan,” ujarnya.

Melihat kondisi oknum wartawan menurut Bupati, kadang-kadang OPD juga merasa risih. Maka perlu dimanfaatkan momen kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar lahir wartawan yang punya kompetensi.

“Sehingga profesi ini bisa diperbaiki,” inginnya.

Mahmud Abdullah juga mengakui dirinya sangat dekat dengan wartawan. Bahkan informasi-informasi yang diperlukan dari masyarakat sering didapat dari wartawan.

“Padahal ada perangkat OPD juga, tapi acapkali yang dilapor baik-baik,” sentilnya.

*Kahaba-01