oleh

3 Hari Hilang, Warga Pandai Akhirnya Ditemukan di Tengah Hutan

-Kabupaten Bima-812 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- HM Saleh (73) warga Desa Pandai Kecamatan Woha dinyatakan hilang sejak tanggal 19 Januari 2021 di sekitar Gunung Afi desa setempat.

HM Saleh ditandu Personel Koramil Woha Dpp. Serka Faris untuk dievakuasi. Foto: Ist

Sebelumnya, Saleh bersama menantunya Rahman pergi mencari sapi yang hilang di Gunung Afi. Keduanya bagi tugas untuk melakukan pencarian. Namun pada siang hari sapi ditemukan oleh menantunya. Sementara Rahman mengira jika mertuanya sudah pulang.

Karena tak kunjung tiba di rumah, pihak keluarga kemudian melaporkannya ke Tagana dan Tim SAR ntuk dimintai bantuan melakukan pencarian.

Personel Koramil 1608-04/Woha Dpp. Serka Faris yang tergabung dalam tim mengungkapkan, pencarian warga Saleh dimlai harin ini Jumat (22/1) sekitar pukul 13.00 di kawasan hutan desa setempat.

“Sebelumnya, dilaksanakan briefing dan pencarian dilakukan dengan cara membagi tim menjadi 4 kelompok,” katanya, Jumat (22/1).

Diakui Faris, untuk tim 1 dan 2 sebanyak 22 orang warga Desa Pandai melaksanakan penyusuran 2 alur sungai dan lembah Sungai Feli serta sungai Gunung Gaptula.

Kemudian Tim 3 juga sebanyak 12 orang menyusuri Alur Sungai Mbanta dan sisanya Tim Gabungan Tagana, Basarnas, warga masyarakat menelusuri bagian bukit.

“Pada Pukul 13.10 Wita seluruh Tim bergerak sesuai dengan instruksi koordinasi,” ujarnya.

Kemudian pada pukul 13.40 Wita Tim 1 dan Tim 2 bertemu di Puncak Bukit Gaptula kemudian melanjutkan menelusuri Lembah Sungai Feli. Pukul 14.00 Tim menemukan HM Saleh sedang duduk melamun di batu di tengah Sungai.

“Didatangi Tim dan kami memberi minum air gula, roti dan biscuit. Kondisi Pak Saleh sehat hanya saja dalam keadaan lemas,” terang Feris.

Selanjutnya kata dia, karena medan yang sulit dan terjal, evakuasi Saleh dilakukan secara manual dengan cara digendong secara bergantian hingga ke puncak bukit. Lal dilanjutkan evakuasi menggunakan tandu Basarnas Bima hingga ke kaki bukit.

Evakuasi dilanjutkan menggunakan mobil warga dikawal oleh personel Polsek Woha dan Tagana ke Puskesmas Woha untuk mendapatkan perawatan medis.

“Kini pak Saleh sudah berada di rumahnya dalam keadaan selamat,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru