oleh

Kodim 1608 Bima Bangun Pospamdu di Wilayah Rawan Konflik

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk menciptakan daerah aman dan merubah wilayah zona merah menjadi zona hijau atau bebas konflik antar kampung, Kodim 1608 Bima melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) membangun Pos Pengaman Terpadu (Pospamdu) di perbatasan Desa Sondo dan Desa Nontotera Kecamatan Monta.

Kodim 1608 Bima Bangun Pospamdu Di Wilayah Rawan Konflik - Kabar Harian Bima
Dandim 1608 bima letkol inf teuku mustafa kamal saat diwawancara pekerja media di lokasi pembangunan pospamdu. Foto: ist

Dandim 1608 Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menyampaikan, wilayah Monta Dalam Kecamatan Monta meliputi Desa Waro, Desa Nontotera dan Desa Sondo, Desa Tolotangga, Desa Tolouwi serta beberapa desa lainya, sering terjadi konflik antar kampung dan tindak kriminal. Maka sangat perlu dibangun Pospamdu di perbatasan Desa Nontotera dan Desa Sondo.



“Dengan adanya Pos Pengaman Terpadu, akan meminimalisir terjadinya gejolak konflik antar kelompok warga, karena 24 jam petugas gabungan dari TNI, Polri serta dari Pol PP akan stand bay berada di pos tersebut,” katanya, Rabu (10/3).

Selain mewujudkan kondisi wilayah yang damai kata Dandim, adanya Pospamdu juga akan menjaga keamanan tempat wisata di sekitar wilayah tesebut. Seperti di Pantai Wane, Pantai Rontu serta tempat wisata lain. Sehingga para wisatawan domestik maupun dari luar merasa aman saat berkunjung.

Selama TMMD berlangsung sambungnya, tidak ada konflik antar kampung dan tindak kriminal lain. Semoga saja hal ini berlangsung selamanya dan masyarakat bisa menjalin hubungan baik antar warga dan antar kampung, sehingga bisa merubah daerah zona merah menjadi zona aman.

“Semoga tidak ada lagi konflik dan tindak kriminal yang terjadi lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sondo Sirajudin merasa bersyukur dan berterima kasih pada TNI, karena sudah memilih wilayah Monta Dalam sebagai tempat pelaksanaan TMMD dan membangun Pos Pengamanan. Sehingga ke depannya konflik anta warga dan tindak kriminal tidak terjadi lagi.

Selain membangun Pospamdu, masyarakat juga diberikan kesadaran lewat penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan merawat alam, penyuluhan kesehatan, serta penyuluhan wawasan kebangsaan untuk pelajar.

“Kami sangat terbantu dengan adanya TMMD ini, selain dibuatkan Pospamdu, di beberapa desa telah memperbaiki masjid serta perbaikan jalan ekonomi di Desa Nontotera,” tambahnya.

*Kahaba-05


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru