Kabupaten Bima

Siklon Tropis Seroja, Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan NTB

343
×

Siklon Tropis Seroja, Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan NTB

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- BMKG Bima menginformasikan hari ini tanggal 7 April 2021 tentang kondisi Sinklon Tropis Seroja di perairan Selatan NTB, dan berpotensi terjadinya gelombang tinggi.

Siklon Tropis Seroja, Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan NTB - Kabar Harian Bima
Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi. Foto: Ist

Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi mengungkapkan, update hari ini terpantau Siklon Tropis Seroja dengan tekanan 995 hPa berada di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat (NTB), kemudian bergerak ke arah Barat Daya dengan kecepatan 6 knots (10 km/jam).

Siklon Tropis Seroja, Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Selatan NTB - Kabar Harian Bima

“Intensitas Siklon Tropis Seroja diperkirakan menguat dalam 24 jam ke depan, namun arah geraknya menjauhi wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Kondisi ini menurutnya, menyebabkan dampak secara tidak langsung untuk Wilayah NTB khususnya Bima dan Dompu. Sementara dampak dari Siklon Tropis Seroja yaitu menyebabkan terbentuknya pola gangguan cuaca seperti daerah belokan angin (Shearline) yang menyebabkan terkumpulnya massa udara basah, sehingga mendukung pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bima Dompu.

“Akan ada peningkatan kecepatan angin yang menyebabkan potensi gelombang tinggi lebih dari 2 meter untuk perairan Selatan Bima Dompu dan Samudera Hindia selatan NTB,” terangnya.

Akibat dari peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi yang signifikan tersebut sambungnya, dapat mempengaruhi dinamika pesisir pantai dimana dapat berpotensi terjadi banjir ROB Bukan Gelombang Tsunami seperti yang sedang simpang siur dan meresahkan masyarakat saat ini.

Banjir Rob sendiri merupakan suatu fenomena dimana naiknya permukaan laut atau air laut ke daratan, karena naiknya permukaan air laut ke daratan inilah yang kemudian menyebabkan daerah di sekitarnya jadi tergenang atau mengalami banjir.

Berdasarkan kondisi tersebut tambah Topan, diimbau kepada pihak Pelabuhan Sape, Pelabuhan Bima, Pelabuhan Sumbawa serta masyarakat dan seluruh nelayan yang beraktivitas di perairan selatan untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi serta dampak dari gelombang tinggi dan bencana Hidrometeorologi, serta peka terhadap informasi cuaca yang didiseminasikan oleh BMKG.

“Untuk informasi cuaca terupdate wilayah Bima Dompu dapat dilihat melalui fanpage facebook dan instagram BMKG BIMA,” tambahnya.

*Kahaba-01