oleh

Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Bima Rakor Kerjasama Media Massa

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima menggelar rapat koordinasi (Rakor) Kerjasama Media Massa guna menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, di Aula Hotel Kalaki Beach, Rabu pagi (6/10). Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima dan belasan pekerja media.

Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Bima Rakor Kerjasama Media Massa - Kabar Harian Bima
Rakor dengan media mass yang digelar Bawaslu Kabupaten Bima. Foto: Bin

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin saat sambutan menjelaskan, pada Rakor ini pihaknya ingin mendiskusikan beberapa hal terkait pengawasan pemilu pada tahun 2024 mendatang. Karena pemerintah sudah memutuskan Pemilu akan dihelat serentak dalam waktu setahun.



“Ini tentunga menjadi pekerjaan yang berat, dimana nantinya Bawaslu akan mengawasi mulai pemilihan presiden dan wakil presiden, hingga pemilu legislatif. Selain itu, juga dilaksanakan pemilihan kepala daerah,” jelasnya.

Baca:   Bawaslu Kabupaten Bima Minta Peserta Pemilu Patuhi Aturan Kampanye

Sehubungan dengan pelaksanaan Pemilu serentak itu kata Junaiddin, pihaknya berniat merangkul semua komponen, terutama media massa untuk menjadi bagian dari Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu.

“Dengan media massa, pengawasannya disebut pengawasan partisipan,” katanya.

Bentuk kerjasama nanti menuru Joe – sapaan akrabnya – media massa akan menginformasikan kegiatan atau hal-hal yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran, termasuk kegiatan lain.

Baca:   Jelang Pilkada, Bawaslu Imbau ASN, TNI, Polri dan Kades Jaga Netralitas

“Selain media massa, kami juga akan merangkul komponen lain yang bisa berpartisipasi pada pengawasan,” tuturnya.

Menurut mantan Wartawan itu, di Bima perkembangan media massa sangat luar biasa, terlebih tumbuhnya media online. Meskipun secara organisatoris atau kelembagaan, masih ada yang belum memiliki payung hukum. Namun dirinya berharap, semoga dengan seiring berjalannya waktu, semua media di Bima memiliki legalitas.

Baca:   Tahapan Pilkada Dimulai, Bawaslu Bima Ajukan Anggaran Rp 17 Miliar

“Karena itu akan menjadi relasi dari berbagai lembaga untuk perkembangan media,” tandasnya.

Joe menambahkan, bentuk kerjasama dengan media nanti akan ditentukan sesuai regulasi yang ada. Kendati sebelumnya juga Bawaslu Bima menjalin kemitraan dengam media, hanya saja dengan nominal yang terbatas,

“Kami berharap, semoga dari pertemuan ini terwujud dan terjalin kemitraan antara penyelenggara Pemilu dan media guna suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak nanti,” pungkasnya.

*Kahaba-01

[aps-get-count social_media="facebook/twitter/instagram/youtube" count_format="short"]