oleh

Potret Buram Hukum di Bima, Bandar Ganja 914 Gram Divonis Bebas

Kota Bima, Kahaba.- Bandar Ganja RM (43) warga Desa Dumu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima selaku terdakwa kasus kepemilikan daun ganja kering seberat 914 gram, akhirnya divonis bebas Pengadilan Negeri Bima. (Baca. Ambil Ganja Kering Berat 914 Gram dari JNE, Pria Ini Diringkus)

Potret Buram Hukum Di Bima, Bandar Ganja 914 Gram Divonis Bebas - Kabar Harian Bima
Humas pengadilan negeri bima y estanto saat menyampaikan klarifikasi di media. Foto: deno

Padahal sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa 8 tahun penjara. Dari tuntutan itu hakim memvonis bebas dari seluruh tuntutan dakwaan.



Humas Pengadilan Negeri Bima Y Estanto menyampaikan, kasus itu sudah selesai disidangkan Kamis kemarin. Dalam pembacaan tuntutan itu, hakim majelis yang terdiri dari Hakim Frans Kornelisen, Horas L Kairopurba dan Firdaus memvonis bebas RM sebagian terdakwa dalam kasus itu.

Menurut dia, setiap putusan ada irah-irah demi keadilan, berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, sehingga apapun yang diputuskan oleh hakim berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

“Semuanya akan kembali pada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya, Jumat (05/11)..

Ditanya apa pertimbangan sehingga membebaskan terdakwa dari segala tuntutan? Estanto tidak menjelaskan secara detail, karena bukan dirinya yang menjadi hakim. Namun terhadap putusan tersebut kata dia, JPU akan melakukan upaya hukum.

“Lebih jelasnya tanyakan ke Kejaksaan,” sarannya.

Terkait tuntutan yang menjadi pertanyaan publik itu, apakah hakim menerima suap sebesar Rp 200 juta, Estanto mengaku tidak tahu persoalan itu. Dirinya menyarankan untuk bertanya langsung ke terdakwa.

Ditanya lebih jaug, Estanto mengaku lebih banyak tidak tahu, karena tidak mengetahui pasti fakta persidangan terkait kasus itu.

“Hakim yang lebih memahami semua fakta persidangan,” ujarnya.

Namun yang jelas tambahnya, barang bukti daun ganja akan dikembalikan ke Abdul Rasid selaku pengelola JNE.

Sementara itu Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Bima Ibrahim mengatakan akan melakukan upaya hukum, yakni akan ajukan kasasi terkait kasus tersebut.

“Kami akan kasasi kasus ini,” tegasnya.

*Kahaba-05


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru