oleh

Perkuat Kerjasama Tim, Dinas Damkar dan BPBD Bima Teken Pakta Integritas

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memperkuat kerjasama tim dalam penanganan bencana di daerah terutama kebakaran, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima menjalin kemitraan dengan menandatangani pakta integritas dengan BPBD Kabupaten Bima, di aula kantor Dinas Damkar dan Penyelematan, Rabu (8/12).

Perkuat Kerjasama Tim, Dinas Damkar Dan Bpbd Bima Teken Pakta Integritas - Kabar Harian Bima
Foto bersama kepala dinas damkar dan penyelamatan kota bima didampingi sekretaris bersama kabid di bpbd kabupaten bima saat launching dan penandatanganan pakta integritas. Foto: eric

Sekretaris Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bima Amirudin dalam laporan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas antara dua lembaga dan daerah dalam penanganan bencana. Karena tidak bisa dipungkiri, Pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Bima adalah satu kesatuan.



Ia menjelaskan, terdapat beberapa wilayah yang dekat dengan Kota Bima, yaitu Kecamatan Wawo, Wera, Belo hingga Palibelo. Sehingga untuk  mempercepat penanganan dan penanggulangan bencana dalam hal ini adalah kebakaran, dibutuhkan kerjasama yang cepat untuk menanganinya secara bersama.

“Pakta integritas ini adalah bentuk komitmen kita bersama dalam menangani bencana di daerah agar bisa cepat teratasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Didi Fahdiansyah menjelaskan, adapun beberapa komitmen yang telah dibuat di antaranya berperan secara proaktif dalam penanganan kejadian kebakaran pada wilayah manajemen kebakaran, maupun di luar wilayah hingga perbatasan.

Kemudian saling berkoordinasi dalam upaya penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya, saling memberikan bantuan dalam upaya penanggulangan kebakaran dan bencana lain pada lintas daerah, terutama Kabupaten Bima.

“Juga saling mendukung dalam peningkatan kompetensi aparatur pemadam kebakaran melalui latihan gabungan penanggulangan kebakaran,” katanya.

Dengan terjalinnya hubungan kerjasama tersebut, Mantan Kepala Dinas Perkim tersebut berharap program kerja berjalan dengan baik, akan ada SOP yang mengatur sinkronisasi penanganan setiap persoalan bencana yang terjadi di tengah masyarakat.

“Penandatangan ini merupakan embrio awal untuk mempermudah program kerja ke depan dan Inshaa Allah akan ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bima H Ahmad menyampaikan aprsesiasi sekaligus dukungan terhadap penandatangan tersebut. Untuk itu diharapkan kedua instansi dapat bersinergi dan bekerjasama bahu membahu dalam penanganan bencana di daerah, baik itu kebakaran ataupun membantu penanganan bencana lain.

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru