Kabupaten Bima

Bentuk Karakter dan Disiplin Siswa, SMAN 1 Palibelo Gelar Diklatsar Polsis

479
×

Bentuk Karakter dan Disiplin Siswa, SMAN 1 Palibelo Gelar Diklatsar Polsis

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna memotivasi siswa mengenal dan mengamalkan nilai-nilai disiplin, cinta tanah air dan patriotisme, SMAN 1 Palibelo Kabupaten Bima menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Polisi Siswa (Polsis), selama 4 hari mulai Rabu sampai Sabtu (15-18/12).

Bentuk Karakter dan Disiplin Siswa, SMAN 1 Palibelo Gelar Diklatsar Polsis - Kabar Harian Bima
Suasana Diklatsar Polsis yang dihelat SMAN 1 Palibelo. Foto: Ist

Kegiatan dimaksud juga dihadiri Camat Palibelo, perwakilan Polres Bima, KCD Dikbud Bima, Kanit Patwal, Kanit Dikyasa serta siswa sekolah setempat.

Bentuk Karakter dan Disiplin Siswa, SMAN 1 Palibelo Gelar Diklatsar Polsis - Kabar Harian Bima

Kepala SMAN 1 Palibelo Kabupaten Bima Hj Erot Sutianah menyampaikan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada siswa tentang tugas dan tanggung jawab di lingkup lembaga pendidikan.

“Diklatsar Polsisi ini untuk
memberikan rasa aman baik di dalam dan luar lingkungan sekolah, dengan mengikutsertakan siswa untuk
mematuhi sekaligus memahami sejumlah peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Ia memaparkan, guna membantu pelaksanaan kegiatan tersebut pihak sekolah menjalin kerjasama dengan Polres Bima untuk memberikan materi dan juga pelatihan buat siswa setempat. Agar ke depan bisa mengaplikasikan kembali pelajaran yang diberikan dan menjalankan tugas yang diamanatkan lembaga pendidikan.

“Pelatihan ini juga merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler untuk menyalurkan bakat, minat dan cita-cita siswa yang ingin menjadi anggota polri atau TNI. Kemudian juga turut membantu sekolah dalam bidang keamanan dan kedisiplinan,” katanya.

Mantan kepala SMAN 5 Kota Bima menambahkan, ke depan program kegiatan akan selalu dilaksanakan agar pembentukan karakter siswa dapat terwujud dengan baik. Apalagi nilai penting lain dari Diklatsar Polsis ini adalah untuk mencegah kenakalan siswa akibat lamanya penerapan belajar di rumah.

“Semoga dengan pelaksanaan Diklatsar Polsis ini dapat meningkatkan karakter siswa yang disiplin dan taat aturan,” tambahnya.

Karena kondisi masih pandemi covid-19 ini, maka lembaga pendidikan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat selama kegiatan.

*Kahaba-04