Kabupaten Bima

SMAN 1 Belo Serahkan Penghargaan untuk Siswa-Siswi Berprestasi

361
×

SMAN 1 Belo Serahkan Penghargaan untuk Siswa-Siswi Berprestasi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- SMAN 1 Belo menggelar kegiatan penyerahan penghargaan untuk siswa-siswi berprestasi akademik dan non akademik, di aula sekolah setempat (13/1).

SMAN 1 Belo Serahkan Penghargaan untuk Siswa-Siswi Berprestasi - Kabar Harian Bima
Kegiatan pengerahan penghargaan untuk siswa-siswi berprestasi yang dihelat SMAN 1 Belo. Foto: Ahyar

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua KCD Kabupaten Bima dan Kota Bima, Camat Belo, Kapolsek Belo, Danposramil Belo, sejumlah Kepala SMPN dan SDN Belo dan orang tua siswa.

SMAN 1 Belo Serahkan Penghargaan untuk Siswa-Siswi Berprestasi - Kabar Harian Bima

Ketua panitia pelaksana kegiatan Wahyudin mengatakan, dasar kegiatan ini diatur dalam Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008 tentang pembinaan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler serta Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan.

“Kegiatan ini juga sesuai program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB melalui bidang PSMA dan Kesiswaan,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa dan orang tua dalam proses belajar anak serta memberi apresiasi sekaligus penghargaan terhadap siswa berprestasi.

“Melalui kegiatan ini diharapkan baik siswa maupun guru pembina agar sama-sama memiliki semangat untuk bisa bersaing dan berprestasi yang lebih tinggi,” harapnya.

Pemberian penghargaan ini sambungnya, terdapat 136 piagam penghargaan pada dua bidang. Pertama bidang kurikuler sebanyak 106 piagam, kemudian bidang ekstrakurikuler 17 piagam penghargaan.

“Untuk kurikuler mulai juara kelas, lomba KSN tingkat kabupaten dan lomba presentasi Bahasa Inggris. Sedangkan untuk ekstra kurikuler Tahfidz Quran, seni tari, perkemahan wirakarya NTB dan Lomba dokumentasi visual warisan budaya letak benda kuliner tradisional daerah NTB,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 1 Belo Muhammad Nur dalam mengatakan, pemberian penghargaan siswa berprestasi ini karena guru, wali kelas dan guru pembina yang sangat luar biasa mendidikan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan untuk anak didik.

“Kegiatan ini tidak akan ada jika tidak ada guru-guru yang berprestasi,” pujinya.

Penyerahan piagam penghargaan ini kata dia, diserahkan langsung oleh orang tua kepada siswa yang berprestasi, sebagai bentuk penghargaan.

Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun, guna memupuk semangat siswa, orang tua dan pendidik agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi.

“Mohon dukungan semua stakeholder baik Muspika Kecamatan Belo dan komite sebagai perwakilan orang tua siswa, sebagai upaya mendukung dunia pendidikan secara umum sehingga SMAN 1 belo bisa maju dan jaya ke depannya,” harap Nur.

*Kahaba-09