Kabupaten Bima

Tingkatkan Kemampuan Guru Menyusun Perangkat Ajar, SMKN 1 Woha Gelar Workshop

481
×

Tingkatkan Kemampuan Guru Menyusun Perangkat Ajar, SMKN 1 Woha Gelar Workshop

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- SMKN 1 Woha Kabupaten Bima menggelar workshop untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, terutama pada program dan sistem pembelajaran guna meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun perangkat ajar.

Tingkatkan Kemampuan Guru Menyusun Perangkat Ajar, SMKN 1 Woha Gelar Workshop - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 1 Woha Kabupaten Bima Muhammad Badrun didampingi pengawas pendidikan SMASMK HM Sarjan dan Yusuf saat kegiatan workshop. Foto: Ist

Kegiatan yang dihelat di aula sekolah setempat Senin (31/1) turut dihadiri Kepala SMKN 1 Woha Muhammad Badrun, Kasi GTK KCD Bima Salahuddin Abdullah, pengawas pembina SMK M Yusuf serta 89 guru peserta workshop.

Tingkatkan Kemampuan Guru Menyusun Perangkat Ajar, SMKN 1 Woha Gelar Workshop - Kabar Harian Bima

Kepala SMKN 1 Woha Muhammad Badrun menyampaikan, saat ini tenaga pendidik memiliki sejumlah permasalahan seperti personal problem, social problem, dan profesional problem. Dalam memerankan kehidupan dan tugasnya yang super luar biasa, maka guru harus mampu menuntaskan 3 problem dirinya untuk dapat mencetak generasi handal.

“Dalam rangka mencetak generasi handal dan gemilang, salah satunya yaitu dengan menggelar kegiatan workshop yang sesuai dengan visi sekolah yaitu peningkatan kualitas dan mutu siswa agar bisa memiliki daya saing,” jelasnya.

Melalui workshop ini kata Kepsek, peserta akan menerima ilmu dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Apalagi di era globalisasi serta kecanggihan teknologi begitu pesat, maka program maupun sistem pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman yang sudah  menjadi kebutuhan.

“Diharapkan guru dapat meningkatkan kemampuan terutama dalam menyusun perangkat ajar yang berbasis teknologi,” ujarnya.

Badrun mengungkapkan, selama 2 tahun terakhir dalam situasi pandemi Covid-19, dunia pendidikan mengalami masa transisi. Sehingga program pembelajaran mengalami perubahan dari tatap muka menjadi belajar dari rumah. Maka sebagai tenaga pendidik yang profesional, dituntut untuk tetap memberikan materi pembelajaran dalam kondisi apapun, demi menciptakan lulusan yang cerdas dan berkarakter.

“Kami berharap seluruh peserta yang hadir bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Sehingga dapat menyerap ilmu yang disampaikan pemateri, agar ke depan bisa diaplikasikan saat mengajar,” harapnya.

Mantan Kepala SMKN 2 Kota Bima itu menambahkan, usai kegiatan ini dia juga mengajak semua unsur stakeholder di bidang pendidikan, baik yang ada dalam lingkup SMKN 1 Woha dan lainnya dapat memberikan ide dan kontribusi positif untuk kemajuan dunia pendidikan di Bima dan NTB.

“Sudah menjadi tugas kita sebagai guru untuk memajukan dunia pendidikan, agar menciptakan lulusan terbaik yang memiliki masa depan gemilang,” tambahnya.

*Kahaba-04