Kabupaten Bima

Safari Literasi 2022, SMAN 1 Palibelo Hadirkan Duta Baca Indonesia

821
×

Safari Literasi 2022, SMAN 1 Palibelo Hadirkan Duta Baca Indonesia

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Selain meraih sejumlah prestasi, SMAN 1 Palibelo terus mengembangkan program pendidikan yang bermutu untuk pelajar. Sebelumnya Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri memuji pencapaian vaksinasi pelajar dan pengolahan zero waste.

Safari Literasi 2022, SMAN 1 Palibelo Hadirkan Duta Baca Indonesia - Kabar Harian Bima
Foto bersama di panggung kreasi SMAN 1 Palibelo saat kegiatan safari literasi. Foto: Ist

Kini sekolah yang dinahkodai Hj Erot Sutianah menggelar acara safari literasi, yang juga dihadiri Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris atau akrab disapa Gol A Gong, penulis N Marewo, perwakilan Dinas Dikbud Provinsi NTB, KCD Dikmen Bima dan puluhan guru dan siswa setempat.

Safari Literasi 2022, SMAN 1 Palibelo Hadirkan Duta Baca Indonesia - Kabar Harian Bima

Kepala SMAN 1 Palibelo Hj Erot Sutianah menyampaikan, kegiatan safari literasi ini merupakan bagian dari agenda duta baca yang berkeliling puluhan kota dan kabupaten. Diantaranya menggelar dialog bersama para pegiat literasi, hingga seminar literasi untuk para guru dan pelajar.

“Hadirnya duta baca tersebut maka besar harapan ke depan tenaga pendidik dan pelajar bisa menguasai, memahami dan bisa membuat tulisan inspiratif hingga orasi literasi,” katanya, Kamis (10/3).

Erot menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari mengkampanyekan budaya membaca dan menulis di kalangan pelajar. Seperti diketahui bahwa budaya tersebut masih minim, bahkan menurut survei tingkat literasi di Indonesia masih rendah.

“Membaca itu sehat, menulis itu hebat. Semangat inilah yang ingin kami tularkan pada guru dan pelajar, agar nanti lahir penulis hebat dan berkarakter,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Puteri melalui video conference (Vicon) dalam arahannya menambahkan, hadirnya duta baca dapat memotivasi generasi emas bangsa tentang pentingnya budaya membaca dan literasi.

“Melalui membaca dan literasi, maka ke depan kita akan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu serta berdaya saing,” tambahnya.

*Kahaba-04