SMKN 1 Woha Kembali Unjuk Kualitas, Kendalikan Sistem Melalui Aplikasi Smart Home

Kabupaten Bima382 Dilihat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Setelah menjadi yang pertama membuat prototype sepeda listrik, kini SMKN 1 Woha Kabupaten Bima melalui Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) akan menjadi pelopor pemasangan instalasi Smart Home di Bima. Aplikasi ini dapat mengendalikan seluruh sistem sekolah hanya dengan menggunakan Handphone.

SMKN 1 Woha Kembali Unjuk Kualitas, Kendalikan Sistem Melalui Aplikasi Smart Home - Kabar Harian Bima
Guru Pembimbing SMKN 1 Woha Adam Rita Bitor bersama siswa Irgi Ahmad Buchori menunjukkan perangkat smart home. Foto: Ist

Pengembangan aplikasi cerdas tersebut tidak terlepas dari keberhasilan guru pembina SMKN 1 Woha Adam Rita Bitor, didampingi 2 siswanya Irgi Ahmad Buchori dan Muhammad Furqan Abdullah.



“Alhamdulillah aplikasi smart home kami sudah bisa diaktfikan dan telah beroperasi dengan baik,” ujarnya, Jumat (11/3).

Baca:   BPMPK Gelar Pelatihan Teknologi Tepat Guna

Dia menjelaskan, cara kerja sistem ini pertama adalah sekolahnya telah memiliki perangkat wifi dan handphone android yang telah memiliki jaringan internet. Kemudian dia bersama 2 siswa merakit sejumlah perangkat yang tersambung keseluruh jaringan sistem di sekolah, mulai dari lampu, CCTV, komputer serta perangkat lain.

“Melalui aplikasi pintar ini, kami bisa memantau seluruh sistem pembelajaran di sekolah, aktivitas belajar mengajar, hingga keamanan sekolah bisa terkontrol dengan baik,” katanya.

Melalui keberhasilan mengembangkan aplikasi pintar tersebut, pihaknya akan mencoba menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan yang menggeluti usaha tersebut di Kota Tanggerang, dan akan dikembangkan dalam jumlah banyak.

Baca:   SMKN 1 Woha Wisuda 129 Siswa Angkatan ke-XVI

Selain dari perusahaan, dia juga akan menyampaikan pada Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kominfo, agar aplikasi pintar smart home tersebut bisa digunakan pada instansi, kantor, lembaga pendidikan atau bahkan rumah pribadi.

“Kami meyakini seluruh lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah daerah telah memiliki jaringan internet tersendiri, sehingga sangat memudahkan pemasangan jaringan ini. Apalagi rumah pribadi yang ingin keamanan, sangat tepat menggunakan aplikasi smart home ini,” tambahnya.

Baca:   SMKN 3 Kota Bima Borong Juara I Lomba FLS2N Tingkat NTB

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Woha Muhammad Badrun menambahkan, dengan adanya aplikasi ini ke depan masyarakat bisa mengontrol kondisi listrik rumah, kantor dengan sangat mudah, hanya menggunakan HP dan dikendalikan jarak jauh serta secara otomatis.

“Bagi yang ingin membutuhkan pemasangan instalasi smart home ini, bisa langsung menghubungi kami dan akan menyediakan komponennya langsung dengan pemasangan instalasi serta edukasi cara menggunakan,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar