Kabupaten Bima

BKSDA NTB Evakuasi Buaya di Sape

3101
×

BKSDA NTB Evakuasi Buaya di Sape

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Buaya dengan panjang 3 meter (Sebelumnya ditulis 4 meter) yang ditemukan warga dalam keadaan hidup terdampar di Perairan Natu Desa Poja Kecamatan Sape, kini sudah dievakuasi Tim BKSDA ke Kantor BKSDA SKW III Bima Dompu. (Baca. Heboh, Penemuan Buaya 4 Meter di Sape)

BKSDA NTB Evakuasi Buaya di Sape - Kabar Harian Bima
Buaya yang telah dievakuasi oleh BKSDA NTB. Foto: Ist

Menurut staf BKSDA SKW III Bima-Dompu Eny Kurniawati, hewan tersebut berjenis buaya muara yang biasa ditemui hidup di muara sungai dan laut.

BKSDA NTB Evakuasi Buaya di Sape - Kabar Harian Bima

“Buaya itu ditemukan masyarakat yang menjala ikan pada sore hari Senin kemarin,” katanya.

Diakui Eny, informasi buaya terdampar itu berawal dari Kabag SDA Kabupaten Bima Ishaka Hasan, kemudian diteruskan oleh Kasi KSDA BKPH Marowa Syahrul.

“Saat tim BKSDA tiba di lokasi sekitar pukul 23.00 Wita, sudah ada jajaran Polsek Sape dan aparatur desa bersama warga yang amankan buaya tersebut,” ujarnya, Selasa (3/5).

Rencananya, buaya tersebut tidak akan dikembalikan ke wilayah sekitar ditemukan, karena masyarakat kuawatir buaya akan kembali ke tempat pemukiman dan membahayakan keselamatan masyarakat setempat.

Saat ini pun, pihaknya sedang berkoordinasi dengan KSDA NTB untuk memobilisasi buaya ini ke lokasi konservasi di Mataram.

Hingga hari ini tambah Eny, BKSDA SKW III Bima Dompu telah mengevakuasi 3 ekor buaya dari berbagai lokasi di Bima.

Dirinya menyampaikan apresiasi kepada informan yang membatu proses evakuasi.

“Kami dibantu oleh Very Ainul Yaqin anggota Lingkar Muda Konservasi,” tambahnya.

BKSDA mengimbau masyarakat yang beraktivitas di daerah pantai untuk selalu waspada dan utamakan keselamatan.

“Kami juga harapkan masyarakat melaporkan jika ada satwa liar, khususnya satwa dilindungi yang tertangkap untuk dilepasliarkan secara layak,” imbaunya.

*Kahaba-01