Kabupaten Bima

Pembiayaan Lancar, BTPN Syariah On the Spot ke Kelompok Tenun Wawo

863
×

Pembiayaan Lancar, BTPN Syariah On the Spot ke Kelompok Tenun Wawo

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Memastikan usaha kelompok para nasabah berjalan dengan baik, jajaran Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah menyambangi langsung para kelompok tenun di Dusun Temba Mbojo Desa Mari Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Selasa siang (21/6).

Pembiayaan Lancar, BTPN Syariah On the Spot ke Kelompok Tenun Wawo - Kabar Harian Bima
Jajaran BTPN Syariah bersama Camat Wawo pose bersama kelompok nasabah. Foto: Bin

Hadir pada kunjungan tersebut, rombongan dari pusat yang diwakili Tim Corcom BTPN Syariah Nurul Syita dan Bisnis Coach BTPN Syariah Regional Sumba Nurhaidah. Kedatangan mereka juga disambut oleh kepala desa setempat dan Camat Wawo.

Pembiayaan Lancar, BTPN Syariah On the Spot ke Kelompok Tenun Wawo - Kabar Harian Bima

Bisnis Coach BTPN Syariah Regional Sumba Nurhaidah mengatakan, pembiayaan untuk kelompok nasabah di Wawo sudah berjalan sekitar 2 tahun. Sementara jumlah nasabah sebanyak 1.400 orang dengan jumlah kelompok sebanyak 68 kelompok.

“Pembiayaan untuk Kecamatan Wawo saja sudah disalurkan sebanyak Rp 2,2 miliar,” sebutnya.

Diakui Nurhaidah, program pembiayaan khusus di Wawo berjalan dengan baik dan tidak ada kelompok serta nasabah yang bermasalah.

“Alhamdulillah, sejauh ini berjalan baik dan tidak ada masalah. Nasabah di Wawo terbaik untuk pembayaran,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, secara bisnis pembiayaan ini dilakukan oleh kelompok usaha. Satu kelompok terdapat 17 orang dengan pinjaman perorang berkisar Rp 4-5 juta.

Saat proses pembayaran sekali dalam satu pekan. Petugas akan turun ke lokasi kelompok, sekaligus untuk memberikan pembinaan.

“Jadi aktivitas kami tidak hanya pembiayaan, tapi juga melakukan pendampingan dan pembinaan,” beber Nurhaidah.

Dia menambahkan, 68 kelompok di Kecamatan Wawo tersebar di 7 desa. Adapun usaha kelompok seperti tenun tradisional, sisir tenun dan bakulan.

Di tempat yang sama, Camat Wawo Syarifuddin atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih dan selamat datang untuk jajaran BTPN Syariah. Pihaknya pun merasa kaget setelah mendengar jumlah nasabah bank dimaksud 1.000 lebih, namun semua bisa berjalan dengan sangat baik.

“Harapan kamu semoga ini terus berjalan baik. Karena pembiayaan dari BTPN Syariah untuk kelompok tenun seperti ini akan merubah perekonomian warga,” katanya.

Pembiayaan Lancar, BTPN Syariah On the Spot ke Kelompok Tenun Wawo - Kabar Harian Bima
Kelompok tenun di Kecamatan Wawo saat beraktivitas. Foto: Bin

Camat kembali berharap, kerjasama ini terus berkelanjutan dan berkembang. Warga Kecamatan Wawo yang juga memiliki banyak kelompok usaha, bisa terus mengembangkannya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tenun Dusun Temba Mbojo Ma’arifah mengaku, sangat terbantu dengan pembiayaan BTPN Syariah. Selama ini pun, usaha kelompok bisa berjalan dengan baik untuk membantu kebutuhan keluarga.

“Terima kasih BTPN Syariah, kami begitu merasakan bantuan pembiayaan ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, selama ini belum ada kendala pembayaran. Pasalnya, kelompok menuntaskan pembayaran dengan hasil usaha tenun yang dibuat satu kain dalam sepekan.

“Satu kain bisa kita buat selama sepekan, harga Rp 350 ribu. Jadi saat petugas BTPN Syariah datang sekali dalam 2 pekan, kami membayarnya dari hasil penjualan tenun,” tambahnya.

*Kahaba-01