Kabupaten Bima

Firmansyah Pimpin PWI Kabupaten Bima

522
×

Firmansyah Pimpin PWI Kabupaten Bima

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Setelah melalui tahapan dan proses selama 2 bulan, akhirnya PWI Perwakilan Kabupaten Bima terbentuk. Pengurus untuk periode tahun 2022-2025 dikukuhkan, di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Bima, Sabtu (3/9).

Firmansyah Pimpin PWI Kabupaten Bima - Kabar Harian Bima
Foto bersama Pengurus PWI Kabupaten Bima Periode 2022-2025 usai pengukuhan. Foto: Eric

Ketua PWI Kabupaten Bima Firmansyah menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Bima dan PWI NTB serta stakeholder yang memberikan dukungan, sehingga agenda tersebut bisa terwujud.

Firmansyah Pimpin PWI Kabupaten Bima - Kabar Harian Bima

“Ide pemekaran ini sudah sejak lama, namun baru tahun ini terealisasi. Terima kasih pada PWI Kota Bima dan NTB yang berkontribusi besar terhadap terwujudnya agenda pengukuhan ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan, organisasi PWI merupakan organisasi yang mewadahi profesi jurnalis, dalam menjalankan tugas harus berpedoman pada aturan UU Pers dan Kode Etik Jurnalis (KEJ). Artinya seorang wartawan selama bertugas tidak boleh keluar dari pedoman tersebut.

“Wartawan harus bekerja sesuai undang-undang,” tegasnya.

Firmansyah mengungkapkan, usai pengukuhan tersebut maka dirinya telah mencanangkan beberapa program kegiatan di antaranya, pelatihan jurnalis hingga Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Tujuannya agar wartawan bisa menghasilkan karya jurnalis yang baik dan benar, serta memiliki sertifikat kompetensi keahlian.

“Semoga program kegiatan awal ini bisa didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bima serta lembaga lain,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi NTB H Nasaruddin Zein menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Bima beserta PWI Kota Bima yang telah banyak membantu terselenggaranya agenda tersebut.

Wartawan saat ini selain sangat penting memiliki organisasi, juga penting menjadi agen perubahan untuk kebaikan. Artinya media dapat menyiarkan informasi yang bermanfaat dan positif untuk publik, agar masyarakat bisa tercerahkan dengan pemberitaan yang disampaikan.

“Selain berfungsi sebagai kontrol sosial, media juga harus menyampaikan informasi yang berkualitas dengan tetap mengacu pada UUD pers dan kode etik jurnalis,” tandasnya.

Nasaruddin menambahkan, terkait keinginan PWI Kabupaten Bima menyelenggarakan pelatihan jurnalis dan UKW. Maka PWI NTB mendorong agar kegiatan itu bisa terlaksana dalam waktu dekat ini. Pengurus yang baru terpilih hari ini juga diharapkan mampu menghimpun melalui sumber daya yang dimiliki.

“Kami mendukung penuh program kerja awal PWI Kabupaten Bima ini, agar wartawan bisa memiliki kualitas baik secara tulisan serta etika dalam menjalankan tugas jurnalistik,” tambahnya.

*Kahaba-04