325 Mahasiswa STIKES Yahya Bima Ikut PKKMB

Kabupaten Bima370 Dilihat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 325 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Yahya Bima mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Agenda yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Senin sampai Rabu (5-7/9) tersebut, dibuka dengan kegiatan upacara yang dipusatkan di halaman kampus setempat.

325 Mahasiswa STIKES Yahya Bima Ikut PKKMB - Kabar Harian Bima
Ratusan mahasiswa STIKES Yahya Bima saat mengikuti PKKMB. Foto: Ist

Ketua Panitia Arif Rahman menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan sekaligus menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Kemudian mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru, serta memberikan bekal untuk keberhasilannya selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.



“Mahasiswa baru sudah memasuki dunia kampus, sehingga memerlukan kesiapan akademik, lingkungan sosial hingga psikologis. Mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan sarana dan prasarana yang digunakan untuk mendukung proses belajar,” jelasnya.

Baca:   Ketua STIE Tutup PKKMB Tahun 2022, Fashion Show dan Pameran Ekraf Meriah

Selama 3 hari PKKMB sambungnya, mahasiswa bukan hanya mengenali kampus secara umum, namun memperoleh keilmuan dasar dari sejumlah materi yang telah bekerjasama dengan kampus. Di antaranya Polres Kabupaten Bima, BNNK Bima hingga dosen setempat.

Mahasiswa juga akan mendapatkan materi berupa kesadaran bela negara, pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba, sistem pendidikan tinggi, dunia kampus dimasa pandemi, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0, pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan anti kekerasan serta sistem akademik program studi kebidanan dan keperawatan.

Baca:   STIE Bima Bangun Karakter Mahasiswa dari PKKMB
325 Mahasiswa STIKES Yahya Bima Ikut PKKMB - Kabar Harian Bima
Foto bersama Panitia PKKMB STIKES Yahya Bima. Foto: Ist

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yahya turut memperkenalkan jajaran pimpinan kampus, dosen hingga pegawai setempat agar mahasiswa bisa terbiasa dan akrab dan menganggap kampus tersebut merupakan bagian dari keluarga.

Maka dari itu, komitmen dalam membangun pendidikan lebih maju dan berkembang terus dilakukan, agar kampus terus melakukan upaya peningkatan sejumlah sarana dan prasarana pendukung, guna mendukung kelancaran dunia perkuliahan mahasiswa. Di antaranya ruang perkuliahan yang representatif, laboratorium dan sejumlah fasilitas pendukung lain.

Baca:   368 Mahasiswa Baru STIE Bima Ikut PKKMB

“Kami menyambut dengan baik dan mengucapkan selamat atas kehadiran para mahasiswa baru, semoga dengan PKKMB ini bisa memberikan motivasi dan semangat dalam mengikuti dunia perkuliahan,” harapnya.

Pantauan media, selama kegiatan PKKMB kampus setempat menerapkan protokol kesehatan, dengan menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer hingga masker.

*Kahaba-04


Komentar