oleh

Ketua STIE Bima Resmikan Rumah Literasi Desa Pesa Wawo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua STIE Bima Firdaus meresmikan Rumah Literasi Desa Pesa Kecamatan Wawo, Rabu (21/9). Rumah Literasi tersebut merupakan salah satu program Mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima 2022.

Ketua STIE Bima Resmikan Rumah Literasi Desa Pesa Wawo - Kabar Harian Bima
Foto bersama Ketua STIE Bima dengan jajaran pemerintah setempat dan mahasiswa KKN usai meresmikan Rumah Literasi Desa Pesa Kecamatan Wawo. Foto: Ist

Dalam laporannya, Ketua Kelompok KKNT-MBKM STIE Bima Desa Pesa Kecamatan Wawo Alfiansyah mengatakan, salah satu program yang direncanakan pihaknya adalah penguatan literasi di desa setempat.



“Mudah-mudahan Rumah Literasi ini adalah upaya kami berkontribusi untuk masyarakat Pesa,” harapnya.

Sementara itu, Ketua STIE Bima, Firdaus mengatakan, beberapa tahun terakhir STIE Bima sudah merubah konsep KKN. Saat ini diberi nama Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM).

Baca:   Wisata Dam Toloweri Hasil Karya Mahasiswa KKN STIE dan Masyarakat

“Mungkin secara normal waktu KKN akan berakhir, tapi bisa saja perpanjang dalam beberapa bulan ke depan yang diselesaikan dengan konsep Projek Desa,” tuturnya.

Salah satunya seperti yang akan diresmikan pagi itu menurut pria dengan sapaan Fedo itu, literasi tidak hanya menyediakan buku dan suruh baca saja.

“Rumah literasi ke depan harus menyenangkan. Misal, kita siapkan buku resep untuk ibu-ibu, maka harus bisa langsung praktekan di rumah literasi langsung,” tegas mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini.

Baca:   STIE Bima Cetak 179 Sarjana Handal
Ketua STIE Bima Resmikan Rumah Literasi Desa Pesa Wawo - Kabar Harian Bima
Ketua STIE Bima Firdaus saat meresmikan Rumah Literasi Desa Pesa Kecamatan Wawo. Foto: Ist

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekertaris Camat Wawo, Maman A Kadir. Pihaknya menyampaikan apresiasi pada mahasiswa KKNT MBKM karena sudah mencetus rumah literasi.

“Kami berharap, rumah literasi dapat meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Pesa,” inginnya.

Apresiasi juga datang dari KUPT Dikpora Kecamatan Wawo, H Burhanudin. Dia mengaku, program dari mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima sangat bagus dan menyentuh kebutuhan masyarakat.

Baca:   Dampak Angin Kencang, Belasan Hektar Jagung di Wawo Rusak

“Kalau boleh saya beri nilai, maka adik-adik mahasiswa layak mendapatkan nilai A+. Bukan berlebihan tapi fakta,” pujinya.

Tidak terkecuali pujian juga datang dari Sekertaris Desa Pesa, M Fajrin. Menurut dia, rumah literasi akan menjadi terobosan baru dalam meningkatkan SDM desa setempat.

“Adik-adik KKN ini sedikit bicara tapi banyak kerja. Untuk itu, kami pemerintah desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima karena sudah bersama desa menyukseskan kegiatan di Desa Peka,” pungkasnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.