Kabupaten Bima

Bawaslu Kabupaten Bima Ajak OKP Kerja Kolaboratif

362
×

Bawaslu Kabupaten Bima Ajak OKP Kerja Kolaboratif

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Hotel Lambitu, Kamis (29/9). Kegiatan tersebut melibatkan

Bawaslu Kabupaten Bima Ajak OKP Kerja Kolaboratif - Kabar Harian Bima
Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Bawaslu Kabupaten Bima. Foto: Ist

Pimpinan Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Kemahasiswaan, dan Organisasi Pers di Kabupaten Bima.

Bawaslu Kabupaten Bima Ajak OKP Kerja Kolaboratif - Kabar Harian Bima

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah menjelaskan, sosialisasi pengawasan partisipatif dilakukan untuk membangun kesadaran para pihak, sehingga berkenan untuk ikut berpartisipasi mengawal proses demokrasi secara suka rela, demi terwujudnya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Menurutnya, partisipasi masyarakat penting karena masih terbatasnya personil, kemampuan dan kapasitas lembaga Pengawas Pemilu dalam melakukan tugas pengawasan melekat terhadap semua tahapan Pemilu yang berpotensi terjadinya pelanggaran yang beragam, serta luas wilayah yang mustahil dapat dijangkau secara keseluruhan oleh penyelenggara Pemilu.

Karena itu, untuk memastikan proses Pemilu berjalan dengan baik demi mendorong subtansi Pemilu, maka dibutuhkan partisipasi masyarakat.

“Jadi kegiatan ini kami laksanakan untuk membangun kesadaran semua pihak agar dapat ikut andil dalam menyukseskan Pemilu,” terangnya.

Tugas pengawasan Pemilu itu sambung Abdullah, tidak hanya menjadi tugas penyelenggara, tetapi menjadi tugas tanggung jawab bersama semua pihak.

“Karena itu, peran serta masyarakat untuk menyukseskan Pemilu itu sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Untuk mengisi kegiatan sosialisasi tersebut, Bawaslu Kabupaten Bima menghadirkan Ketua Bawaslu Provinsi NTB periode 2017-2022, M Khuwailid dan Akademisi Universitas Muhammadiyah Bima Taufik Firmanto.

*Kahaba-01