Ketua MK Buka Secara Resmi Event Pacuan Kuda Walikota Bima Cup

Kabupaten Bima, Kahaba.- Event Pacuan Kuda Walikota Bima Cup yang digelar di Arena Pacuan Kuda Panda Kabupaten Bima, dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) H Anwar Usman, Minggu (2/10) sekitar pukul 09.00 Wita.

Ketua MK Buka Secara Resmi Event Pacuan Kuda Walikota Bima Cup - Kabar Harian Bima
Ketua MK bersama istri saat foto dengan para joki cilik usai membuka secara resmi Event Pacuan Kuda Walikota Bima Cup. Foto: Deno

Saat pembukaan itu, hadir juga Istri Ketua MK yang juga adik kandung Presiden RI Joko Widodo, Walikota Bima HM Lutfi, Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Perwakilan Kodim 1608 Bima dan sejumlah pejabat daerah.



Ketua MK menyampaikan, pacuan kuda tradisional merupakan tradisi yang sudah lama dilaksanakan di Bima. Olahraga pacuan kuda juga dilaksanakan secara internasional dengan cara dan ketentuan yang berbeda.

Baca:   Atlet Peraih Bonus PON Papua Meradang, Begini Penjelasan KONI

Tentu budaya seperti itu harus dijaga dan dilestarikan dengan baik, karena olahraga yang paling dicintai oleh Rasullulah adalah olahraga berkuda dan memanah.

“Saya dari kecil sudah hobi dengan olahraga ini, saat itu pacuan dilaksanakan di arena Manggemaci,” ujarnya.

Ia juga menitip pesan, agar keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan event tersebut dijaga dengan baik. Jadikan event pacuan kuda sebagai ajang silaturahmi, baik bagi masyarakat Bima, Dompu, Sumbawa dan masyarakat yang datang dari luar Pulau Sumbawa.

Baca:   Jaga Independensi Panitia Pacuan, TNI - Polri Kawal Pengukuran Kuda Pacu

“Mari kita pelihara keamanan dan silaturahmi dalam kegiatan seperti ini dengan baik,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sudirman DJ mengatakan, kegiatan akan dilaksanakan selama 2 pekan dengan total kuda yang mendaftar dari berbagai kelas, seperti kelas TK hingga Dewasa F mencapai 852 ekor lebih.

Satu hari panitia akan melepas kuda sekitar 30 rice dari berbagai kelas. Untuk perlengkapan Body Protector para joki, sudah disiapkan sesuai SOP yang disepakati. Begitu juga dengan ketentuan lain, semuanya sudah terpenuhi.

Baca:   Pacuan Kuda Tradisional Bima Resmi Digelar

“Kami atas nama panitia menyampaikan terima kasih atas kedatangan Ketua MK yang membuka event ini,” ucapnya.

*Kahaba-05


Komentar