KPU Kabupaten Bima Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 Berbasis Komunitas Jurnalis

Kabupaten Bima92 Dilihat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar sosialisasi Pemilu serentak Tahun 2024 Berbasis Komunitas Jurnalis dengan tema “Peran Media Massa dalam Mengawal Pemilu Serentak Tahun 2024”, di aula kantor setempat, Kamis (27/10).

KPU Kabupaten Bima Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 Berbasis Komunitas Jurnalis - Kabar Harian Bima
Kegiatan sosialisasi Pemilu Tahun 2024 berbasis komunitas jurnalis yang dihelat KPU Kabupaten Bima. Foto: Bin

Kegiatan dimaksud dihadiri para komisioner KPU Kabupaten Bima, Bawaslu Kabupaten Bima, Ketua PWI Kota Bima, Ketua AJI Perwakilan Bima dan puluhan pekerja media.



Komisioner KPU Kabupaten Bima Yudi Chandra Nan Arif saat sambutan menyampaikan, pers merupakan sumber informasi. Perannya begitu sangat penting dan menjadi bagian dari konsep bernegara, bahkan menjadi salah satu pilar demokrasi bangsa.

Baca:   170 Personil Polisi Amankan Pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bima

“Kekuasaan di luar pemerintahan itu adalah kekuatan independen pers, saking pers ini memiliki pengaruh yang cukup besar,” ungkapnya.

Pada tahapan Pemilu diakuinya, pers juga menjadi corong untuk suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi. Maka media massa juga nanti pada tahapan lain akan dilibatkan secara langsung sebagai mitra penyelenggara Pemilu.

Yudi juga mengungkapkan, sejak tahapan dimulai, KPU Kabupaten Bima sedang melakukan verifikasi faktual partai politik. Tahapan lain juga masih berjalan seperti tahapan sosialisasi, kemudian tahapan pendataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan tahapan pemutakhiran data pemilih.

Baca:   ODP Covid-19, Staf dan Komisioner KPU Kabupaten Bima Diisolasi Mandiri

“Tahapan ini terus berjalan, dari waktu yang diberikan selama 20 bulan,” katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin menambahkan, salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan dan kegagalan Pemilu, dari partisipasi masyarakat, termasuk peran media massa. Maka KPU Kabupaten Bima pada Pemilu ini terus mendorong agar terwujudnya tidak hanya kuantitas partisipasi, tapi juga dari segi kualitas.

“Salah satu yang kami terus lakukan yakni memberikan pendidikan Pemilu,” terangnya.

Ady menjelaskan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu yakni sebagai wujud tanggungjawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, juga sebagai tolak ukur tingkat pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam agenda kenegaraan.

Baca:   KPU Kabupaten Bima Launching Tahapan Pilkada 2020

“Selain itu juga sebagai salah satu indikator legitimasi dan kepercayaan masyarakat kepada pemimpin atau wakil rakyat terpilih baik di level lokal maupun nasional,” paparnya.

Melalui kesempatan pertemuan ini, dirinya berharap media massa juga bisa berpartisipasi aktif untuk suksesnya Pemilu 2024 nanti, sehingga bisa menjadi bagian juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dari segi kualitas dan kuantitas.

*Kahaba-01


Komentar