Pemilu

Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Gandeng Media Massa

411
×

Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Gandeng Media Massa

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Memperkuat jalannya pengawasan Pemilu Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu partisipatif bersama media massa, di Surf Cafe, Rabu 1 Maret 2023.

Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Gandeng Media Massa - Kabar Harian Bima
Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama Media Massa di Surf Cafe. Foto: Ist

Hadir pada kegiatan dimaksud Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Bima Asrul Sani, Sekretaris Subhan, Ketua PWI Kota Bima Indra Gunawan serta puluhan perwakilan media.

Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Gandeng Media Massa - Kabar Harian Bima

Sekretaris Bawaslu Kota Bima Subhan dalam laporannya menyampaikan, bentuk tanggung jawab partisipasi mengawas dan menjaga pelaksanaan pemilu, dapat melalui peran media massa dalam menyampaikan informasi tentang tahapan dan penyelenggaraan, agar bisa sampai di masyarakat dengan tepat dan akurat.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak semua stakeholder yang di antaranya media massa untuk ikut terlibat mengawasi jalannya pemilu yang langsung, umum, rahasia, aman dan tertib, sehingga tercipta demokrasi yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Bima Asrul Sani menjelaskan, saat ini beberapa tahapan telah dilaksanakan seperti verifikasi faktual dukungan bakal calon DPD serta tahapan pemutakhiran data pemilih.

Meskipun pada tahapan terdapat kendala pengawasan, seperti cuaca yang belum bersahabat terutama hujan lebat. Tapi tidak menurunkan semangat tim Bawaslu bekerja dan mengawasi jalannya tahapan pemilu.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian silaturahmi, sekaligus sinergitas Bawaslu bersama media massa dalam menyampaikan informasi pada masyarakat, serta mengawasi jalannya pemilu yang sesuai aturan dan mekanisme serta perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Asrul Sani mengungkapkan, sebagai bentuk komitmen agar penyelenggaraan pemilu berkualitas, maka Bawaslu juga menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga untuk mengawasi bersama jalannya pesta demokrasi. Di antaranya membuat kesepakatan bersama dengan Universitas Muhammadiyah Bima, Universitas Mbojo-Bima, FKUB dan beberapa lainnya.

“Kami tahu Bawaslu memiliki keterbatasan, namun melalui kerjasama dengan semua komponen yang ada, maka pelaksanaan proses pengawasan pemilu dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Mantan wartawan itu menambahkan, saat ini yang terpenting juga peran media dalam menyampaikan informasi tentang adanya dugaan penyelenggaraan pemilu, sehingga Bawaslu siap bertindak dan menindaklanjuti hingga dapat berperan menangkal informasi bohong (hoax) yang beredar di media sosial.

*Kahaba-04