Pemilu

Hari Terakhir Coklit, Bawaslu Bima Temukan Hak Pemilih Masih Diabaikan

415
×

Hari Terakhir Coklit, Bawaslu Bima Temukan Hak Pemilih Masih Diabaikan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Patroli kawal hak pilih yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bima hari terakhir masa Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih Pemilu Tahun 2024, masih ditemukan pemilih memenuhi syarat yang belum dilakukan pendataan.

Hari Terakhir Coklit, Bawaslu Bima Temukan Hak Pemilih Masih Diabaikan - Kabar Harian Bima
Bawaslu Kabupaten Bima saat mengawasi Coklit. Foto: Ist

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah mengatakan, hari terakhir Coklit sebagaimana jadwal yang termuat dalam Kpt KPU 027 tahun 2023, pihaknya melakukan patroli dibeberapa kecamatan seperti Woha, Belo, Palibelo, Monta, Parado, Bolo dan Madapangga. Pada beberapa kecamatan tersebut, masih ditemukan pemilih yang belum dicoklit.

Hari Terakhir Coklit, Bawaslu Bima Temukan Hak Pemilih Masih Diabaikan - Kabar Harian Bima

“Seperti Patroli Kawal Hak Pilih yang dilakukan Pak Abdurahman di Woha dengan sample Desa Tente, terdapat satu keluarga yang belum didata oleh petugas. Dan pada saat itu juga dilakukan koordinasi dengan PPS Desa setempat untuk ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sama halnya dengan patroli kawal hak pilih yang dilakukan di Kecamatan Belo dan Palibelo yang juga ditemukan hal sama. Di Desa Roka misalnya, orang tua dari Pengawas Desa setempat justru dicoklit setelah disarankan oleh Panwascam Belo.

Selain itu, Pengawas Pemilu di Kecamatan Belo juga menemukan 2 Kepala Keluarga yang belum dicoklit di Desa Roka yang pada saat itu juga disarankan secara lisan untuk ditindaklanjuti sesuai aturan.

Sementara di Kecamatan Palibelo sambungnya, hasil Patroli yang dilakukan Kordiv P2H Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin menemukan 1 pemilih di Desa Tonggorisa dan 1 pemilih di Desa Ragi yang belum dicoklit.

Agar hak pilih warga tersebut tidak diabaikan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PPK setempat dan PPS Desa Ragi untuk mengakomodir hak konstitusional warga dimaksud.

“Kami langsung eksen di lapangan,” terangnya.

Sebagaimana hasil patroli Panwascam, hal serupa juga ditemukan di Sape, Parado, dan Madapangga. Terhadap hasil pengawasan tersebut, sudah langsung diselesaikan di tempat mengingat jadwal Coklit yang telah berakhir.

“Tuas kami mengawal hak pilih. Jangan sampai karena persoalan sepele, hak konstitusi warga diabaikan,” tandasnya.

*Kahaba-01