Ini Tahapan Pemilu 2024 yang Berjalan di Kota Bima

Pemilu296 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima saat ini tengah melaksanakan sejumlah tahapan Pemilu 2024, untuk dituntaskan sesuai jadwal yang ditetapkan pada PKPU Nomor 3 Tahun 2022.

KPU Kota Bima
Ketua KPU Kota Bima Mursalin. Foto: Bin

Ketua KPU Kota Bima Mursalin menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan tahapan Verifikasi Administrasi (Vermin) syarat dukungan perseorangan calon anggota DPD RI.

“Prosesnya sejauh ini masih dalam Vermin, sesuai tahapan PKPU Nomor 10 Tahun 2022, Vermin mulai tanggal 30 Desember – 12 Januari,” katanya, Selasa 10 Januari 2023.

Baca:   Kerja Timsel "Cacat", Diadukan ke KPU NTB

Selain itu, KPU Kota Bima juga sedang dalam tahapan perekrutan badan ad hoc Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 41 Kelurahan. Pada tanggal 6-7 Januari sudah dilakukan test tertulis. Hasilnya diumumkan pada tanggal 12-14 Januari 2023.

Mursalin menyebutkan, jumlah yang ikut PPS sebanyak 428 orang. Sementara yang lulus tahapan penelitian administrasi sebanyak 421 orang. Dari jumlah itu, yang hadir saat tes tertulis sebanyak 404 orang.

Baca:   Dukung Pemekaran Dapil, Nazamuddin: Tidak Ada Lagi Ketimpangan¬†

Nanti sambung Mursalin, KPU Kota Bima akan menetapkan calon anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi tertulis sebanyak 3 kali kebutuhan setiap kelurahan. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara paling banyak 9 orang, untuk diumumkan sebanyak 6 orang.

“3 orang yang menjadi PPS terpilih, 3 orang lain sebagai pengganti,” jelasnya.

Tahapan yang saat ini sudah masuk tambah Mursalin, yakni penyusunan data pemilih dalam penyelenggaraan pemilu. Kemudian tahapan penataan dan rancangan Dapil dan alokasi kursi juga masih berjalan.

Baca:   Aplikasi Silon Sering Rusak, Bawaslu Bima Sorot Vermin Bakal Calon DPD

“Soal Dapil, prosesnya sudah di KPU RI, tinggal menunggu penetapan tanggal 9 Februari 2023,” tambahnya.

*Kahaba-01

 

 


Komentar