Beri Kuliah Umum di Akbid Surya Mandiri Bima, Iwan Harsono Ajak Mahasiswi Berwirausaha

Pendidikan91 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (Unram) H Iwan Harsono memberikan kuliah umum dengan tema “Upaya Peningkatan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa Kesehatan, Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi” di Akademi Kebidanan (Akbid) Surya Mandiri Bima, Selasa 17 Januari 2023.

Beri Kuliah Umum di Akbid Surya Mandiri Bima, Iwan Harsono Ajak Mahasiswi Berwirausaha - Kabar Harian Bima
Foto bersama H Iwan Harsono dengan jajaran Kampus Akbid Surya Mandiri Bima. Foto: Eric

Kegiatan tersebut juga dihadiri Pembina Yayasan Hj Emiyati, Direktur Akbid Surya Mandiri Bima Nurul Qamarya, Wakil Direktur II Bidang Keuangan dan Kepegawaian Rafiah serta 50 lebih peserta dari mahasiswi kampus setempat.



Direktur Akbid Surya Mandiri Bima Nurul Qamarya mengungkapkan pada mahasiswi, tantangan global saat ini bukan hanya dari segi keilmuan yang didapatkan dari bangku kuliah. Tapi harus berani mengembangkan ide dan kreativitas, terutama melalui dunia wirausaha yang kini terus maju dan berkembang dengan pesat.

Baca:   Akbid Surya Mandiri Bima Gladi Bersih Wisuda DIII Kebidanan Angkatan ke-IX

Seperti diketahui berwira usaha itu dibutuhkan orang yang kreatif, memiliki impian yang tinggi. Maka untuk meraih kesuksesan dalam suatu bisnis sangat dibutuhkan pengetahuan, teknik, manajemen dan kecakapan.

“Semoga melalui kuliah umum kewirausahaan dalam peningkatan ekonomi ini, bisa diikuti dan dipahami oleh mahasiswi. Sehingga ke depan bisa mengembangkan ide yang dimiliki, lalu menjadikan sebuah bisnis yang bagus dan menjanjikan,” harapnya.

Di tempat yang sama, H Iwan Harsono menyampaikan apresiasi pada Akbid Surya Mandiri Bima yang menginisiasi kegiatan tersebut, karena mahasiswi tidak hanya belajar tentang ilmu di kampus, tapi juga harus memiliki dan mengembangkan minat di dunia kewirausahaan guna mendukung peningkatan ekonomi.

“Di era teknologi yang semakin maju dan berkembang dengan pesat, tentu kebutuhan konsumsi masyarakat sangat tinggi. Sehingga penting bagi kita bisa membaca dan mengambil peluang bisnis dengan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki,” ujarnya.

Baca:   Dari Pesta Wirausaha, TDA Bima Ingin Sebar 'Virus' Entrepreneurship

Iwan menjelaskan, untuk menekuni dunia wirausaha juga bukan saja hanya menunggu adanya modal yang sangat besar dan usia yang matang. Tapi semangat kewirausahaan harus dipupuk sejak awal atau sejak menjadi mahasiswa. Apalagi dengan adanya sejumlah kebijakan yang berpihak kepada usaha kecil, para generasi muda dapat ikut antusias menjadi wirausaha dan berperan sebagai pencipta lapangan kerja.

“Program kewirausahaan yang diinisiasi oleh kampus, menjadi salah satu kunci keberhasilan penciptaan lapangan kerja. Tentu diharapkan dapat mengkomparasikan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk berinovasi disertai kreatifitas dalam membaca peluang, sehingga menghasilkan entrepreneur yang profesional dan berkualitas,” katanya.

Baca:   Tingkatkan Gairah Wirausaha, Pemkab Kucurkan Bantuan

Sebagai contoh sambungnya, saat ini banyak konten kreator melalui sejumlah aplikasi yang dibuat bukan hanya dari kalangan selebrity, tapi pelajar hingga mahasiswapun juga bisa melakukannya. Seperti penggunaan youtube, chanel, podcast, tik tok, instagram dan lainnya yang dapat memberikan informasi maupun promosi usaha yang menarik perhatian publik untuk menonton dan bahkan berminat untuk memesannya.

“Melalui ide dan kreatifitas yang terus diperbarui, maka para mahasiswi ataupun kaum milenial bisa menjadi entrepreneurship yang berkontribusi kepada pembangunan dan peningkatan ekonomi. Bahkan bila ini dipelajari lalu ditekuni dengan baik, maka kedepan akan menjadi wirausaha mandiri yang berhasil dan sukses,” harapnya.

*Kahaba-04


Komentar