SMKN 3 Kota Bima Keren, Geray Karawi untuk Usaha dan Pembelajaran Diluncurkan

Pendidikan118 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Setelah setahun dipersiapkan, akhirnya Geray Karawi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bima diluncurkan secara resmi, Sabtu malam 21 Januari 2023.

SMKN 3 Kota Bima Keren, Geray Karawi untuk Usaha dan Pembelajaran Diluncurkan - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin saat menyampaikan sambutan acara Launching Geray Karawi. Foto: Bin

Kegiatan yang dikemas indah dipenuhi kerlap-kerlip lampu bak tempat tongkrongan anak muda itu, juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi NTB Abdul Rauf, Lurah Lewirato A Munir Hariaddin dan tamu undangan lain.



Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin saat sambutan mengatakan, malam ini menjadi malam yang istimewa untuk jajaran sekolah. Pasalnya, selama satu tahun yang lalu Geray Karawi ini sudah disiapkan dikonsep, dan baru direalisasikan dengan hari ini.

“Berkat kerja keras seluruh jajaran sekolah, akhirnya mini industri ini resmi diluncurkan,” ujarnya.

Diakui Jainuddin, Geray Karawi ini dibuat dalam rangka mengisi ruang kosong pendidikan. Geray ini dikonsep sebagai wadah berwirausaha siswa-siswi dan pembelajaran, sehingga saat keluar dari sekolah bisa menjawab tantangan zaman.

Baca:   Bupati Hadiri Pengukuhan Kepala Sekolah se-Kabupaten Bima

“Jadi nanti jika sudah tamat sekolah, siswa-siswi tidak kaget,” terangnya.

Geray Karawi ini sambungnya, bukan hanya dilaksanakan malam ini saja, tapi setiap pekan. Mini industri ini akan dimanfaatkan juga untuk ruang diskusi dengan narasumber yang berbeda-beda.

SMKN 3 Kota Bima Keren, Geray Karawi untuk Usaha dan Pembelajaran Diluncurkan - Kabar Harian Bima
Tamu undangan yang menghadiri acara Launching Geray Karawi SMKN 3 Kota Bima. Foto: Bin

Aktivitas mini industri ini, akan diisi oleh semua siswa – siswi yang berada pada jurusan Tata Boga, Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

“Konsepnya nanti, geray ini juga sebagai ruang diskusi apa saja. Selain pendidikan, juga kebudayaan serta persoalan kekinian yang mengarah pada pembelajaran,” jelas Jainuddin.

Ia menambahkan, adanya Geray Karawi ini pihaknya ingin mewujudkan sekolah yang menyenangkan. Jadi tidak ada lagi lembaga pendidikan yang dipandang angker dan menakutkan.

“Sesungguhnya belajar bukan saja pada pagi dan siang hari. Ruang edukasi ini bisa menjadi wadah pendidikan dan kebudayaan yang bisa dimanfaatkan kapan saja,” tambahnya.

Baca:   IGI Terapkan Teknik Mengajar Asik dengan Animasi

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Provinsi NTB Abdul Rauf saat sambutan dan penyampaian kesan dan pesan mengatakan, ini merupakan ide dan gagasan yang luar biasa, sebagai wujud nyata pendidikan untuk generasi yang terampil dan siap bekerja.

“Saya juga menjadi bagian dari sekolah ini, karena putra pertama saya menimba ilmu di SMKN 3 Kota Bima. Dengan adanya geray ini, anak-anak tentu memiliki tempat untuk bisa menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari,” tuturnya.

SMKN 3 Kota Bima Keren, Geray Karawi untuk Usaha dan Pembelajaran Diluncurkan - Kabar Harian Bima
Anggota DPRD Provinsi NTB Abdul Rauf saat membuka secara resmi Launching Geray Karawi SMKN 3 Kota Bima. Foto: Bin

Rauf mengaku juga memiliki usaha serupa seperti yang sedang dipelajari oleh siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima. Dirinya memiliki homestay, digital printing dan kedai kopi, dan sampai saat ini tumbuh dengan baik. Keberadaannya juga dapat menyerap keterampilan dari siswa-siswi di SMKN 3 Kota Bima.

Baca:   83 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikuti Ujian Kompetensi Keahlian

“Anak-anak yang didik di sini tentu saja akan menghadapi dunia kerja. Maka tidak perlu lagi menyesuaikan diri. Yang dilakukan ini tentu saja luar biasa,” pujinya.

Rauf juga mengapresiasi semangat pihak sekolah membuka geray ini. Nanti secara pribadi, dirinya akan membantu gerobak kedai kopi untuk dimanfaatkan oleh siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima.

Sebagai bentuk support, dirinya juga akan mengisi acara di tempat ini. Mengundang banyak orang untuk diskusi banyak hal dan bisa menikmati sajian dari siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima yang sudah mahir dalam bidangnya.

“Dalam waktu dekat segera akan kami meriahkan Geray Karawi ini,” tambahnya.

Usai acara sambutan-sambutan, kegiatan Launching Geray Karawi dilanjutkan dengan penampilan siswa-siswi yang melantunkan lagu-lagu Lawas Bahasa Bima yang diaransemen dengan apik dan enak didengar.

*Kahaba-01


Komentar