SMAN 5 Kota Bima Gelar Panen Karya P5

Pendidikan36 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- SMAN 5 Kota Bima menggelar kegiatan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi, Gaya Hidup Berkelanjutan Dan Membangun Jiwa Enterpreneur Sejak Dini” di halaman sekolah setempat l, Rabu 25 Januari 2023.

SMAN 5 Kota Bima Gelar Panen Karya P5 - Kabar Harian Bima
Rangkaian kegiatan panen karya SMAN 5 Kota Bima. Foto: Ist

Kepala KCD Dikbud Bima H Anwar saat sambutan menyampaikan apresiasi dan bangga terhadap SMAN 5 Kota Bima, karena telah mampu menyelenggarakan acara yang meriah dan tertib dengan mengusung nasionalisme demokrasi, mengajak pelajar untuk menjaga penggunaan energi terbaru dengan memanfaatkan potensi lokal, serta memupuk semangat kewirausahaan sejak dibangku sekolah.



“Meskipun derasnya era globalisasi dan budaya luar yang masuk dengan sejumlah digitalisasi modern, namun siswa masih tetap menjaga keutuhan demokrasi dengan memanfaatkan potensi budaya lokal sehingga bisa bernilai ekonomi,” ujarnya.

Baca:   SMKN 1 Kota Bima Gelar Kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 5 Kota Bima Imran menjelaskan, panen karya ini memberikan kebebasan untuk siswa agar mengeksplor ide, kreativitas serta keterampilan yang dituangkan dalam karya seni dan unjuk kebolehan dengan menampilkan sejumlah potensi dan bakat yang dimiliki.

“P5 merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek. Dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila, yang disusun berdasarkan standar kompetensi di sekolah penggerak,” katanya.

Baca:   Total Proyek yang Dilelang LPBJ Kota Bima sebanyak 77 Paket

Ia mengungkapkan, sebagai sekolah penggerak yang menerapkan program kurikulum merdeka. Maka memberikan ruang sebesar-besarnya pada pelajar untuk berkreasi, dan para siswa supaya mampu mengembangkan kreativitas dengan menampilkan potensi-potensi kearifan lokal yang dikolaborasikan dengan teknologi.

“Alhamdulillah, bisa terlihat agenda panen karya ini di antaranya hasil pembuatan pupuk cair untuk pertanian dan perkebunan, produk jajanan dan kue, fashion show, pentas seni dan suara serta hasil karya lainnya,” sebutnya.

Baca:   Seminar Parenting dan Kewirausahaan, Pelajar SMAN 5 Diajak Belajar Bisnis

Mantan kepala SMAN 2 Kota Bima itu menambahkan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan launching Rumah Baca Berbasis Alam. Tujuannya untuk memperkuat literasi siswa, sekaligus menumbuhkembangkan kebiasaan membaca guna menambah wawasan lebih luas dan cara berpikir kritis siswa.

“Tumbuhnya minat dan kegemaran membaca, maka pelajar bisa menerima transformasi informasi yang kemudian bisa menuangkannya dalam ruang diskusi, menulis dan kegiatan literasi bersama lainnya. Sehingga dapat membentuk pelajar yang berkarakter dan bernilai luhur pancasila,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar