Pendidikan

Peningkatan Mutu Pendidikan, STKIP Bima Teken MoU dengan KCD Dikbud

435
×

Peningkatan Mutu Pendidikan, STKIP Bima Teken MoU dengan KCD Dikbud

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima dengan Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud Kota Bima dan Kabupaten Bima menandatangani MoU, pada acara dengan Tema Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kemitraan antara SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Peningkatan Mutu Pendidikan, STKIP Bima Teken MoU dengan KCD Dikbud - Kabar Harian Bima
Foto bersama usai penandatanganan MoU antara STKIP Bima dan KCD Dikbud. Foto: Bin

Kegiatan yang digelar di Aula SMKN 3 Kota Bima, Selasa 21 Februari 2023 tersebut dihadiri Ketua STKIP Bima Doktor Nasution, Kepala KCD Dikbud H Anwar dan sejumlah kepala sekolah serta perwakilan sekolah.

Peningkatan Mutu Pendidikan, STKIP Bima Teken MoU dengan KCD Dikbud - Kabar Harian Bima

Ketua STKIP Bima Nasution saat sambutan mengatakan, pertemuan ini terinisiasi karena adanya kerjasama melalui program Gubernur NTB yang sampai saat ini masih terus berlanjut.

“Ini merupakan implementasi program merdeka belajar, agar sekolah bisa naik kelas,” ujarnya.

Melalui program kerjasama ini diakui pria yang juga Doktor tersebut, kampus ingin bermitra dengan sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi pendidikan. Lantas yang perlu dilakukan kampus, dosennya bisa dengan menterjemahkan apa yang perlu dikembangkan pada sekolah tersebut.

“SDM ada di sekolah, dan kampus yang akan meningkat kompetensi pendidikan, karena dari kampus juga lahir guru-guru hebat,” katanya.

Kompetensi guru ini sambungnya, bagaimana bisa bersama dengan lembaga akademis dapat meningkatkan kemampuan mengajar dan kompetensi keilmuan.

“Maka dari itu, mari kita bimbing anak-anak agar menjadi generasi unggul,” ajaknya.

Nasution juga meyakini, hibah lembaganya untuk pendidikan dapat meningkatkan kualitas. Dengan adanya kampus yang menjadi mitra sekolah, dapat diformulasikan dan cari solusi bersama, sehingga pendidikan terus semakin berkembang dengan baik.

“Dengan adanya kolaborasi ini juga bisa mempermudah pengembangan potensi anak bangsa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ada banyak doktor di kampus, namun hanya terpajang pada etalase. Sudut pandang ini yang kemudian diubah. Bagaimana peran kampus juga pada sekolah bisa saling bersinergi untuk perkembangan pendidikan di era kurikulum merdeka belajar.

Di tempat yang sama, KCD Dikbud Kota Bima dan Kabupaten Bima H Anwar menjelaskan, kolaborasi ini dal rangka menjalin kerjasama antar kedua instansi untuk kemajuan pendidikan.

“Ini acara penting yang harus dihadiri dan diketahui oleh kepala sekolah dan guru-guru,” inginnya.

Dari kegiatan ini juga terang Anwar, guru-guru penggerak akan diberikan pembinaan pada program pengajaran. Kepala sekolah juga wajib melaksanakan kegiatan selama 5 tahun.

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut,” harapnya.

*Kahaba-01