Ramadan Khusuq, SMKN 3 Kota Bima Gelar Kegiatan Bernuansa Islam

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka mengisi Bulan Suci Ramadan 1444 H 2023 penuh kekhusuqan, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bima mengggelar sejumlah kegiatan bernuansa Islami. Bahkan selama acara dilaksanakan, ratusan pelajar tampak antusias mengikutinya dengan penuh khidmat.

Ramadan Khusuq, SMKN 3 Kota Bima Gelar Kegiatan Bernuansa Islam - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin bersama guru dan siswa dalam program Sakola Karawi Punya Cerita (SAKANTA) bulan Ramadan 1444 H. Foto: Ist

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan serta menumbuhkan akhlak mulia dikalangan pelajar.



Selain itu, membentuk generasi beriman yang ditandai dengan kecerdasan sikap, pembentukan karakter hingga pengetahuan tentang Islam dan ajaran secara luas.

Baca:   Kelola Anggaran tak Transparan, Kepala SMPN 5 Disorot

“Kami ingin siswa dapat menyerap pengetahuan dan pengamalan tentang ajaran dan sejarah Islam, kemudian bisa menerapkan dalam aspek kehidupan baik dilingkungan keluarga, masyarakat hingga lingkup pendidikan,” harapnya, Kamis 20 April 2023.

Kegiatan Ramadan tahun ini dinamakan Sekolah Karawi Punya Cerita (Sakanta). Adapun sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti Kultum Ramadan, Safari Ramadan, Ta’jil Karawi, Sehari Bersama Anak (Sesanak), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Bantu Anak Panti (Bakti) dan beberapa acara lainnya.

Baca:   Siswa MTs Soromandi: Tolong Bantu Sekolah Kami Jokowi

Rangkaian acara ini berupa pembuatan video kultum yang nantinya akan di upload di youtube SMKN 3 Kota Bima selama 30 hari berturut-turut. Kemudian ceramah langsung di masjid Sidratul Muntaha Kelurahan Manggemaci, dimana siswa setempat yang akan memberikan tausyah tersebut.

Dilanjutkan pembagian 500 takjil di lampu merah eks Kantor Bupati Bima, untuk mewujudkan generasi yang saling berbagi. Melaksanakan pengajian dengan mengunjungi salah satu TPQ, lalu lomba MTQ antar kelas dengan mata lomba ceramah, tartil, dan adzan.

Baca:   Hari Pertama Sekolah, Nurmah: Pelajar Harus Tetap Belajar¬†

“Kegiatan penutup mengunjungi Panti Asuhan Nurul Mubin Kelurahan Monggonao dan membagikan makanan kotak, kolak serta alat tulis untuk warga panti,” ungkapnya.

Jainuddin berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi siswa dan membantu menjadi lebih baik dari segi agama, moral dan etika. Sehingga dapat meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT, dan menjadi generasi yang gemilang dan sukses ke depan.

*Kahaba-04


Komentar