oleh

Final Futsal Dikbud Cup 2020, SMP Gabungan Menang Drama Adu Penalti

-Olah Raga-20 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Tim Futsal SMP Gabungan (SMP 12 dan SMP 3) berhasil meraih gelar juara I Futsal Dinas Dikbud Cup 2020 tingkat Kota Bima, setelah pada partai final mengalahkan MTsN 1 Kota Bima melalui drama adu penalti dengan skor 4-3 (3-3).

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan saat menyerahkan piala bergilir Dikbud Cup kepada Juara I Futsal Dikbud Cup Tim SMP Gabungan. Foto: Eric

Partai puncak yang digelar di arena futsal Karisma Selasa (27/10) tersebut berlangsung sengit dan penuh ketegangan. Kedua tim menampilkan permainan terbaik melalui skema dan taktik jitu. Namun pada akhirnya, SMP Gabungan berhasil menjadi yang terbaik.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Deni, MTsN 1 mengambil inisiatif menyerang lebih dahulu, sedangkan tim SMP Gabungan memilih untuk bertahan dengan sistem catenacio ala italy. Keasikan menyerang justeru gawang MTsN 1 dibobol oleh penyerang SMP Gabungan Burhan pada menit ke-14, dan skor 1-0 ini bertahan hingga peluit berakhir.

Ketika babak kedua baru dimulai, MTsN 1 mengambil inisiatif serangan dan berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Ikhsanul pada menit ke-16, sehingga mengubah skor menjadi 1-1.

Asik menyerang dan lupa pertahanan, SMP Gabungan berhasil unggul kembali pada menit ke-19 yang dicetak kembali oleh Burhan dan skor menjadi 2-1.

Pertandingan semakin seru dan menarik, kedua tim tidak sedikitpun mengundurkan serangan. Alhasil hanya dalam tempo 10 menit sisa pertandingan, MTsN 1 mencetak 2 gol melalui kaki Asmaun pada menit ke 23 dan 28, sedangkan di SMP Gabungan Burhan berhasil mencetak hatrick pada menit ke-26. Skor imbang 3-3 bertahan hingga peluit babak kedua dibunyikan, sehingga memaksa kedua tim melakukan tendangan adu penalti.

Dalam adu penalti tersebut, penjaga gawang SMP Gabungan Dayat berhasil menghalau semua 3 tendangan penalti dari MTsN 1 Kota Bima. Sementara Tim SMP Gabungan cukup menyarangkan 1 gol saja dan meraih juara I. Skor akhir 4-3 (3-3).

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan yang menutup agenda lomba futsal tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dinas Dikbud karena bisa menyelenggarakan event dengan nuansa Hari Guru Nasional (HGN) dengan tertib dan lancar.

Dia juga mengucapkan selamat kepada tim yang telah bertanding, baik kepada yang juara pertama dan runner up, serta tim lain yang belum berhasil meraih gelar prestisius. Untuk itu diminta terus berlatih penuh disiplin, terutama meningkatkan teknik dan taktik.

“Kepada tim yang menjadi juara jangan berpuas diri, tetap tingkatkan kemampuan. Bagi tim yang belum berhasil untuk tetap berlatih, mengevaluasi diri dan berbenah,” pesannya.

Feri menambahkan, kepada semua tim dan pendukung yang telah hadir disampaikan ucapan terima kasih karena telah menampilkan semangat sportifitas, dan tetap menjaga jalinan persaudaraan yang kuat.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru