Kabar Kota Bima

Realisasi PAD, DKP Tertinggi, Dinas Perkim dan Dikes Terendah

1841
×

Realisasi PAD, DKP Tertinggi, Dinas Perkim dan Dikes Terendah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Hasil rekapitulasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Bima pada periode bulan Januari sampai Maret atau triwulan pertama, terdapat sejumlah OPD yang mencapai target tertinggi dan juga terendah.

Realisasi PAD, DKP Tertinggi, Dinas Perkim dan Dikes Terendah - Kabar Harian Bima
Kepala BPKAD Kota Bima Muhammad Saleh saat diwawancara wartawan. Foto: Ist

Kepala BPKAD Muhammad Saleh mengungkapkan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) tertinggi mencapai 42,47 persen. Target PAD dari Rp 203 juta dan yang baru terealisasi Rp 86 juta.

“Yang tertinggi kedua yaitu Dinas Dikpora 29,57 persen, dengan target Rp 167 juta dan terealisasi baru Rp 49 juta,” ungkapnya.

Kemudian yang terendah yaitu Dinas Perkim 0,0 persen dari target PAD 70 juta dan baru terealisasi Rp 0. Terendah kedua yaitu Dinas Kesehatan baru 3,78 persen, dari target PAD Rp 13 miliar dan baru terealisasi Rp 528 juta.

Muhammad Saleh menjelaskan, capaian target untuk OPD seperti DKP dan Dikpora bersumber dari retribusi pemakaian kekayaan daerah, retribusi tempat khusus parkir dan PAD yang sah lainnya.

“Sedangkan untuk Dinas Perkim dan Dikes juga retribusi pemakaian kekayaan daerah, retribusi pelayanan kesehatan dan juga retribusi tempat parkir khusus,” katanya.

Kendati masih pada triwulan pertama, dirinya tetap mengingatkan seluruh OPD untuk terus bekerja maksimal, agar target PAD bisa terpenuhi hingga akhir tahun nanti.

“Semoga OPD bisa terus bekerja keras agar realisasi PAD mencapai 100 persen, sehingga dapat membantu program pelaksanaan pembangunan daerah,” harapnya.

*Kahaba-04