Kabar Kota Bima

Rencana Penertiban Lapak PKL di Lapangan Pahlawan, Koperindag Data Pedagang

870
×

Rencana Penertiban Lapak PKL di Lapangan Pahlawan, Koperindag Data Pedagang

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti keinginan Pj Wali Kota Bima agar tidak ada lagi pedagang yang berjualan di sekitar Lapangan Pahlawan Raba, Dinas Koperindag melakukan pendataan jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL). (Baca. HM Rum Minta Dinas Tertibkan Lapak di Lapangan Pahlawan

Rencana Penertiban Lapak PKL di Lapangan Pahlawan, Koperindag Data Pedagang - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Koperindag Kota Bima H Tafsir. Foto: Bin

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima H Tafsir menyatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti arahan Pj Wali Kota Bima dengan pendataan. Jumlahnya, di bahu jalan lapangan atau depan rumah sakit ada 33 PKL, sebelah timur timur sebanyak 16 PKL dan sebelah selatan sebanyak 10 PKL.

“Total PKL sebanyak 59 orang,” sebutnya, Senin 30 Oktober 2023.

Sementara di atas lapak yang disediakan pemerintah sambung Tafsir, sebanyak 34 tempat dan semuanya sudah ada yang ditempati, hanya saja belum berfungsi maksimal.

Pada lapak yang disediakan pemerintah terangnya, mayoritas ditempati pedagang dari Kelurahan Rabadompu Barat. Kemudian di sekitar area Lapangan Pahlawan, ada dari Kelurahan Rabadompu Barat, Rabadompu Timur, Rabangodu Selatan dan Rabangodu Utara.

Setelah pendataan ini diakui Tafsir, akan dilaksanakan rapat koordinasi dengan Asisten II dan OPD terkait, baru disampaikan ke Pj Wali Kota Bima.

“Nanti tinggal menunggu keputusan rapat koordinasi. Karena memang arahan Bapak Pj Wali Kota Bima tidak boleh ada lagi yang menjual di bawah, harus diarahkan semua ke fasilitas yang disediakan pemerintah,” ungkapnya.

Mantan Kepala Disnaker itu menambahkan, jika dilihat dari jumlah PKL yang ada, maka akan ada sekitar 26 pedagang yang tidak mendapatkan tempat di fasilitas milik pemerintah. Maka akan diusahakan untuk dicari jalan keluar.

*Kahaba-01