Kabar Kota Bima

Cetak SDM Produktif, LPK Rahmat Sentosa Latih 50 Tenaga Kerja 

493
×

Cetak SDM Produktif, LPK Rahmat Sentosa Latih 50 Tenaga Kerja 

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan berkompeten, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Rahmat Sentosa menggelar kegiatan pelatihan pemagangan dalam negeri, di aula kantor Disnaker Kota Bima, Rabu (2/11).

Cetak SDM Produktif, LPK Rahmat Sentosa Latih 50 Tenaga Kerja  - Kabar Harian Bima
Pelatihan pemagangan dalam negeri pendidikan dan pelatihan vokasi Tahun 2022. Foto: Eric

Kepala LPK Rahmat Sentosa Sri Yani dalam laporan menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Adapun jumlah peserta sebanyak 50 orang dengan durasi pemagangan selama 5 bulan, seluruh peserta mendapatkan materi selama satu bulan untuk pemantapan terjun ke industri, kemudian magang untuk mendapatkan pengalaman kerja selama 4 bulan.

Cetak SDM Produktif, LPK Rahmat Sentosa Latih 50 Tenaga Kerja  - Kabar Harian Bima

“Peserta pemagangan tidak hanya belajar teori, tetapi mereka langsungnya memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja,” ujarnya.

Kepala Disnaker Provinsi NTB melalui pejabat yang mewakili Hj Roro Sri Rahmatari menyampaikan, kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui dana demonstrasi. Di wilayah NTB mendapatkan alokasi 350 orang peserta pelatihan. 50 orang di alokasikan ke Kota Bima.

“Kegiatan pelatihan merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi tenaga kerja yang sedang meniti karier profesionalnya, maupun pembekalan keterampilan dan pengalaman kerja bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau berada pada fase peralihan,” ujarnya

Hj Roro menjelaskan, NTB memiliki banyak potensi yang besar diberbagai sektor yang dapat dikelola dengan baik. Apalagi telah banyak industri besar yang berinvestasi. Hal tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan bagi semua pihak dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Melalui pelatihan ini, maka para peserta dimudahkan untuk penitian karir kerja sesuai dengan keinginan. Kemudian perusahaan sebagai penyelenggara, berkesempatan menjaring dan mencetak calon pegawai sesuai dengan kebutuhan perusahaan, untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan memacu produktivitas perusahaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Bima H Tafsir menyampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah pusat, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi NTB serta penyelenggara kegiatan yang telah mengadakan kegiatan pelatihan tersebut.

“Semoga dengan pelatihan ini para peserta bisa bekerja secara profesional, serta dapat terserap dalam dunia kerja dan dunia industri,” tambahnya.

*Kahaba-04