Kabar Kota Bima

Monev di Baznas, Dewan Sorot Dana Hibah Terpangkas di Tengah Jalan

470
×

Monev di Baznas, Dewan Sorot Dana Hibah Terpangkas di Tengah Jalan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penggunaan dana hibah di Baznas Kota Bima Tahun 2022 disorot oleh Komisi I, saat turun melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev), Selasa 17 Januari 2023. (Baca. Kabag Kesra Akui Dana Hibah Baznas Rp 350 Juta

Monev di Baznas, Dewan Sorot Dana Hibah Terpangkas di Tengah Jalan - Kabar Harian Bima
Komisi I DPRD Kota Bima saat Monev di Baznas Kota Bima. Foto: Ist

Pasalnya, yang diketahui para wakil rakyat dana hibah untuk Baznas Kota Bima Tahun 2022 sebanyak Rp 350 juta. Sementara, anggaran yang diterima lembaga tersebut hanya Rp 150 juta.

Monev di Baznas, Dewan Sorot Dana Hibah Terpangkas di Tengah Jalan - Kabar Harian Bima

Ketua Komisi I DRPD Kota Bima Yogi Prima Ramadan mengungkapkan, sebelum tiba di Kantor Baznas Kota Bima, pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Bagian Kesra, memastikan berapa hibah untuk Baznas. Karena yang memang ditetapkan waktu pembahasan di Banggar sebesar Rp 350 juta.

”Kabag Kesra yang kita hubungi lebih dulu, memang mengakui anggaran Baznas untuk tahun 2022 sebesar Rp 350 juta,” ujar Yogi.

Kemudian saat Komisi I turun di Kantor Baznas Kota Bima dan menanyakan terkait dana hibah dimaksud, rupanya alokasi yang diterima Baznas hanya Rp 150 juta saja.

“Baznas mengakui hanya terima Rp 150 juta. Kami mempertanyakan kemana sisanya Rp 200 juta itu. Karena yang ditetapkan saat pembahasan di Banggar Rp 350 juta,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Bima H Nurdin yang dikonfirmasi soal Monev wakil rakyat tersebut menjawab, memang dana hibah untuk Baznas Tahun 2022 hanya Rp 150 juta.

“Hanya segitu, kami diberi Bagian Kesra Rp 150 juta, bukan Rp 350 juta,” terangnya.

Ditanya kemana sisanya Rp 200 juta? Nurdin enggan menjawabnya. Karena yang lebih tahu itu Bagian Kesra.

“Kami hanya pakai untuk program Rp 150 juta, yang Rp 200 juta mungkin bisa tanya langsung Bagian Kesra,” sarannya dan menambahkan, jika dana hibah untuk Baznas Kota Bima pada tahun-tahun sebelumnya sekita Rp 200-300 juta.

*Kahaba-01