Kabar Kota Bima

Tingkatkan SDM, DPPKB Kota Bima Gelar Orientasi TPK

894
×

Tingkatkan SDM, DPPKB Kota Bima Gelar Orientasi TPK

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar kegiatan orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) selama 3 hari, mulai Kamis sampai Sabtu 22-24 tahun 2024.

Tingkatkan SDM, DPPKB Kota Bima Gelar Orientasi TPK - Kabar Harian Bima
DPPKB Kota Bima saat kegiatan orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) tingkat Kota Bima. Foto: Ist

Kepala BPPKB Kota Bima Hj Dewi Triyani menyampaikan, acara ini merupakan bagian dari upaya peningkatan sumber daya kader KB, kader PKK dan tenaga medis (bidan) yang tergabung dalam Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Tingkatkan SDM, DPPKB Kota Bima Gelar Orientasi TPK - Kabar Harian Bima

“Kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah daerah dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting,” ujarnya.

Dewi Triyani menjelaskan, untuk jumlah peserta secara keseluruhan yang mengikuti agenda ini sebanyak 360 TPK se-Kota Bima.

Adapun materi ilmu yang didapatkan dari narasumber seperti, mekanisme alur pendampingan, kemudian pemutakhiran data sasaran keluarga beresiko stunting hingga penggunaan aplikasi ELSIMIL.

“Semoga para peserta yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan menyerap semua materi yang disampaikan narasumber. Sehingga bisa mengaplikasikan dan memahami tugas, peran dan fungsinya masing-masing saat bertugas di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Balai Kecamatan Asakota Astuti menambahkan, usai mengikuti kegiatan TPK diharapkan seluruh kader dan bidan mampu melakukan pendampingan berbasis aplikasi, dalam rangka mencegah stunting khususnya pemanfaatan maksimal aplikasi elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL).

*Kahaba-04