Kabar Kota Bima

Usung Pangan Lokal, Dishanpan Gelar Cipta Menu B2SA

1649
×

Usung Pangan Lokal, Dishanpan Gelar Cipta Menu B2SA

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mengusung tema mengolah bahan pangan lokal, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Bima menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Simbang dan Aman (B2SA), di halaman kantor Pemerintah Kota Bima, Senin 19 Juni 2023,

Usung Pangan Lokal, Dishanpan Gelar Cipta Menu B2SA - Kabar Harian Bima
Suasana Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Pangan Lokal. Foto: Ist

Kepala DKP Kota Bima Ichwanul Muslimin menyampaikan, lomba ini mengedepankan menu yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) menuju keluarga yang sehat dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi pangan lokal, yang bisa dimanfaatkan dalam pemenuhan gizi keluarga.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin dilaksanakan setiap tahun dan menjadi bagian dari penguatan ketahanan pangan masyarakat,” ujarnya.

Ichwanul Muslimin menjelaskan, melalui lomba ini juga pemerintah ingin memberikan pemahaman dan edukasi, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan masyarakat agar bisa melaksanakan pola konsumsi pangan B2SA dalam aspek kehidupan.

“Mengkonsumsi pangan lokal terdapat sejumlah manfaat, yaitu baik bagi kesehatan tubuh karena bisa lebih segar tanpa harus melalui proses pengawetan sehingga nutrisinya lebih terjaga,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bima HM Lutfi mengapresiasi kegiatan tersebut, bahkan dirinya berharap agar para ibu-ibu dapat lebih mengembangkan ide-ide dalam mengolah bahan makanan, menjadi menu makanan tradisional yang sehat dan higienis.

“Kita berharap juga bahwa ini akan menjadi suatu gerakan bagi masyarakat, agar ebih membiasakan mengkonsumsi makanan dengan bahan utama pangan lokal,” harapnya.

*Kahaba-04