Kabar Kota Bima

Dinas Sosial Sosialisasi Graduasi KPM PKH

1013
×

Dinas Sosial Sosialisasi Graduasi KPM PKH

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima menggelar kegiatan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH), dengan mengangkat tema “Graduasi Goal, Bebas Stunting Membangun Keluarga Sejahtera”, di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima, Senin 19 Juni 2023.

Dinas Sosial Sosialisasi Graduasi KPM PKH - Kabar Harian Bima
Kegiatan Sosialisasi Graduasi PKH di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima. Foto: Ist

Kepala Dinsos Kota Bima Yuliana menyampaikan, tujuan pemerintah pusat meluncurkan PKH ialah untuk mengurangi angka serta memutus mata rantai kemiskinan di daerah.

Dinas Sosial Sosialisasi Graduasi KPM PKH - Kabar Harian Bima

Maka sebagai bentuk upaya dalam keberhasilan tersebut, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk mensukseskan program nasional tersebut.

“PKH merupakan bantuan sosial tunai bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang namanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai arah kebijakan PKH bahwa graduasi ialah terpenuhinya kriteria kepesertaan dan meningkatnya suatu kondisi sosial ekonomi masyarakat, yang dibuktikan dengan kegiatan pemutakhiran data.

Artinya graduasi untuk mendukung upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang sejalan dengan tujuan PKH. Kemudian pemerintah juga bisa memastikan penerima bantuan sosial PKH agar tepat sasaran, lalu dapat meminimalisir timbulnya kesenjangan sosial sehingga terwujudnya rasa keadilan sosial.

“Kami ingin semua pihak yang hadir hari ini, bisa menyamakan persepsi dan pemahaman tentang PKH. Agar ke depan program ini bisa berjalan optimal, dan tentunya sasaran penerima manfaat sesuai persyaratan,” katanya.

Yuliana meminta pada peserta yang hadir terutama pemerintahan kelurahan, agar bisa saling bersinergi dalam melakukan kroscek data penerima PKH di lapangan. Terutama jika ada informasi terkini tentang kondisi warga yang menerima bantuan, apakah sudah sesuai dengan aturan atau belum.

“Melalui graduasi KPM PKH kita dapat meningkatkan upaya percepatan pengentasan kemiskinan sejalan dengan tujuan pemerintah,” tambahnya.

*Kahaba-04