oleh

Bantuan Tanggap Darurat Hanya Simbolis, Masyarakat Banyak yang Belum Terima

-Kabar Kota Bima-Dibaca 504 kali

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Kota Bima pada hari Senin tanggal 29 November 2021 telah menyerahkan bantuan tanggap darurat secara simbolis di sejumlah pemerintah kelurahan, untuk meringankan beban dan derita warga yang sudah 3 kali terdampak banjir.

Bantuan Tanggap Darurat Hanya Simbolis, Masyarakat Banyak Yang Belum Terima - Kabar Harian Bima
Kondisi banjir di kota bima. Foto: ist

Namun, hingga hari ini Rabu (1/12), bantuan untuk keseluruhan penerima manfaat yang dilaporkan terdampak bencana banjir di 3 kelurahan, ternyata belum menerima bantuan dimaksud.



Seperti di Kelurahan Lewirato, Walikota Bima hadir langsung untuk menyerahkan bantuan tanggap darurat secara simbolis, diterima oleh perwakilan masyarakat. Tapi hingga 2 hari berselang, bantuan belum diterima oleh puluhan warga yang dilaporkan terdampak.

“Iya baru penyerahan secara simbolis itu saja, sampai hari ini belum ada yang menerima bantuan tanggap darurat,” ungkap Ketua Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Lewirato Amir Mbeo.

Ia mengaku tidak tahu kenapa belum diserahkan bantuan tersebut, setelah dilakukan secara simbolis oleh Walikota Bima. Padahal masyarakat juga butuh untuk menanggalungi kebutuhan sehari – hari.

“Kita juga ditanya terus sama masyarakat terdampak banjir, kapan bantuan tanggap darurat itu diserahkan,” katanya.

Demikian juga disampaikan oleh Indra, Ketua TSBK Sadia. Sampai saat ini belum ada bantuan untuk korban bencana banjir 3 kali dari Pemerintah Kota Bima. Sementara dirinya melihat sudah ada penyerahan bantuan secara simbolis dibeberapa kelurahan.

“Belum ada bantuan tanggap darurat secara simbolis yang turun di Kelurahan Sadia. Sejak banjir tanggal 20 November, sampai banjir ketiga itu,” ujarnya.

Sama halnya di Kelurahan Penaraga, diakui anggota TSBK kelurahan setempat Irman juga mengungkapkan, juga belum sama sekali ada bantuan.

“Info yang kami dengar, di BPBD sudah tidak ada bantuan dan dialihkan ke Dinas Sosial,” terang Irman.

Menurut dia, di Kelurahan Penaraga jangankan bantuan untuk seluruh masyarakat yang terdampak, bantuan yang diserahkan secara simbolis pun tidak ada.

“Belum ada sama sekali,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamuddin yang dikonfirmasi terkait hal itu, menyarankan langsung agar bertanya ke Kepala BPBD Kota Bima.

Kemudian Kepala BPBD Kota Bima Hj Siti Jainab yang berusaha di konfirmasi terkait kapan bantuan itu akan diserahkan, belu memberikan jawaban.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru