Kabar Kota Bima

Salat Idul Fitri di Pemkot Bima, Ustadz Islamuddin Ajak Kembali ke Fitrah Manusia Sejati

1397
×

Salat Idul Fitri di Pemkot Bima, Ustadz Islamuddin Ajak Kembali ke Fitrah Manusia Sejati

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1445 H di Halaman Kantor Pemkot Bima, Rabu pagi 10 April 2024 berlangsung khidmat. Pada momen yang penuh berkah, Ustadz Islamuddin yang menjadi khotib mengajak jamaah untuk merayakan keberhasilan menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, juga menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga silaturahmi.

Salat Idul Fitri di Pemkot Bima, Ustadz Islamuddin Ajak Kembali ke Fitrah Manusia Sejati - Kabar Harian Bima
Ustadz Islamuddin saat menyampaikan ceramah pada Salat Idul Fitri 1445 H. Foto: Bin

Menurutnya, silahturahmi merupakan pondasi utama memperkuat hubungan antar sesama manusia. Sebagaimana diajarkan Rosulullah SAW.

Salat Idul Fitri di Pemkot Bima, Ustadz Islamuddin Ajak Kembali ke Fitrah Manusia Sejati - Kabar Harian Bima

“Allah SWT juga tidak akan mengasihi manusia yang tidak mengasihi manusia lainnya,” tegas Ustadz Islamuddin yang melengkapi ceramahnya dengan ayat suci Al Quran yang mengingatkan akan pentingnya kasih sayang antar sesama.

Islamuddin menjelaskan bahwa Idul Fitri bukan hanya tentang merayakan kemenangan atas diri sendiri, tetapi juga tentang kembali kepada fitrah manusia yang sejati.

“Sebagai makhluk Allah, kita harus selalu menjaga hubungan dengan Allah SWT dan dengan sesama manusia. Hablumminallah dan Hablumminannas adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan,” lanjutnya.

Dalam momen yang fitri ini, dirinya juga mengajak jamaah untuk saling memaafkan dan mengasihi. Jangan biarkan hati tergores oleh dendam atau kesombongan.

“Jika selama ini ada yang kita sakiti, mari kita kembali kepada nurani yang suci dan memaafkan,” pintanya dengan penuh kesungguhan.

Tak hanya itu, Islamuddin juga menyoroti pentingnya berbakti kepada orang tua. Jangan durhaka pada orang tua, karena ibadah bertahun-tahun tidak akan diterima oleh Allah SWT jika hati penuh dengan kedzoliman terhadap orang tua.

Islamuddin juga mengingatkan kepada para istri dan suami yang mungkin pernah melakukan kesalahan untuk saling memaafkan.

“Setelah Salat Idul Fitri ini, datangilah suami, sujudlah dan bersimpuhlah di hadapannya untuk meminta maaf atas semua yang telah terjadi,” pesannya.

Di akhir ceramahnya, Ustadz Islamuddin kembali mengajak jamaah untuk memperkuat tali persaudaraan dan menjadikan hari ini sebagai awal yang baru.

“Mari kita jadikan setiap langkah kita sesuai dengan ajaran-Nya, agar kita selalu dalam ridha-Nya,” tutupnya sambil memimpin doa bersama.

Khotbah yang dipenuhi dengan pesan kebaikan dan nasihat yang mendalam dari Ustadz Islamuddin ini menjadi pencerahan bagi jamaah yang hadir, mengingatkan akan pentingnya berbuat baik kepada sesama dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

*Kahaba-01