Kabar Kota Bima

Idul Fitri 1445 H, Penerimaan Zakat Fitrah Kota Bima 1,2 Miliar dan Beras 27 Ton

1017
×

Idul Fitri 1445 H, Penerimaan Zakat Fitrah Kota Bima 1,2 Miliar dan Beras 27 Ton

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima, H Anwar Effendi mengumumkan penerimaan zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan selama Bulan Ramadan 1445 Hijriah.

Idul Fitri 1445 H, Penerimaan Zakat Fitrah Kota Bima 1,2 Miliar dan Beras 27 Ton - Kabar Harian Bima
Suasana Salat Idul Fitri 1445 H di Halaman Kantor Pemkot Bima. Foto: Bin

Pengumuman disampaikan saat pelaksanaan Salat Idul Fitri 1445 H yang berlangsung meriah di Halaman Pemerintah Kota Bima, Rabu 10 April 2024.

Idul Fitri 1445 H, Penerimaan Zakat Fitrah Kota Bima 1,2 Miliar dan Beras 27 Ton - Kabar Harian Bima

Dalam laporannya, H Anwar Effendi mengungkapkan bahwa penerimaan zakat fitrah yang berasal dari seluruh masjid dan musholla di Kota Bima sebesar Rp 1,2 miliar lebih, dan beras sebanyak 27 ton.

Tak hanya itu, kontribusi dari berbagai Dinas dan instansi juga cukup signifikan, mencapai lebih dari Rp 137 juta. Sementara itu, sumbangan dari Sekolah dan madrasah turut memberikan kontribusi sebesar Rp 68 juta lebih, diikuti dengan sumbangan dari perorangan yang mencapai lebih dari Rp 5 juta lebih.

“Dari total penerimaan yang mencapai lebih dari Rp 1,2 miliar tersebut, telah disalurkan sebanyak 70 persen ke masing-masing masjid dan musholla kepada asnaf yang berhak menerima. Sedangkan 30 persen sisanya, disalurkan langsung oleh Baznas Kota Bima,” ungkapnya.

Anwar Effendi juga menekankan bahwa Baznas Kota Bima telah menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab untuk memastikan zakat yang terkumpul disalurkan dengan tepat dan benar sesuai dengan ketentuan agama.

Dengan adanya kontribusi yang begitu besar dari masyarakat, diharapkan program zakat fitrah ini mampu memberikan dampak yang nyata bagi kehidupan yang membutuhkan.

“Sehingga semangat berbagi dan tolong-menolong terus tumbuh di tengah-tengah masyarakat Kota Bima,” tambahnya.

*Kahaba-01