Kabar Kota Bima

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan untuk 410 Pedagang Bakulan

1078
×

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan untuk 410 Pedagang Bakulan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Baznas Kota Bima mendistribusikan bantuan pedagang bakulan (Asnaf Gharimin) di Convention Hall Paruga Nae, Senin 13 November 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Bima HM Rum.

Baznas Kota Bima Salurkan Bantuan untuk 410 Pedagang Bakulan - Kabar Harian Bima
Foto bersama Pj Wali Kota Bima, Ketua Baznas dengan pedagang bakulan. Foto: Ist

Ketua Baznas Kota Bima H Nurdin Mansyur menyampaikan, Baznas selama 4 tahun berturut-turut telah menyalurkan bantuan untuk pedagang bakulan. Bakulan sengaja menjadi perhatian Baznas untuk menerima bantuan usaha, karena fakta di lapangan rata-rata mengambil pinjaman koperasi untuk modal usaha.

“Dengan hadirnya Baznas, kami harap pedagang bakulan tidak lagi mengambil pinjaman yang berbunga,” harapnya

Apalagi tiap tahun sambungnya, Baznas Kota Bima menyalurkan bantuan usaha sebanyak 410 orang, jika 4 tahun artinya sudah lebih dari 1 ribu pedagang bakulan menerima bantuan dari Baznas Kota Bima.

“Hal membahagiakan juga bagi kita semua, bahwa klinik sehat Baznas pembangunannya saat ini capai 95 persen. Klinik ini nantinya khusus melayani warga kurang mampu, cukup menggunakan e-KTP langsung dilayani oleh petugas medis,” ucapnya.

Selain itu juga, H. Nurdin mengaku pada tahun 2023 ini Baznas Kota Bima akan membangun rumah tidak layak huni di Jatibaru Barat dan Jatibaru Timur sebanyak 15 unit.

“Rumah yang dibangun mulai dari nol, masing-masing rumah mendapatkan 25 juta,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Penjabat Wali Kota Bima H Mohammad Rum mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Kota Bima yang setiap tahun rutin menyalurkan bantuan kepada yang layak menerima.

“Baznas adalah lembaga yang perlu kita support, tahun 2024 kita optimalkan. Baznas seperti ini yang diharapkan, programnya luar biasa sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, upaya pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota saat ini fokus menangani kesmiskinan ekstrim. Selain itu juga berupaya menurunkan angka stunting.

Untuk diketahui, penerima Asnaf Ghamirin yang berasal dari zakat, infaq dan sedekah bagi pedagang bakulan sebanyak 410 orang di 5 Kecamatan se Kota Bima.

Masing-masing kelurahan sebanyak 10 orang dan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 300 ribu. Meliputi bantuan uang senilai Rp. 250 ribu dan 420 paket sembako senilai Rp. 50 ribu.

*Kahaba-01