Kabar Kota Bima

Aji Rum Bagikan Zakat Konsumtif, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

755
×

Aji Rum Bagikan Zakat Konsumtif, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penjabat Wali Kota Bima, H Mohammad Rum menyerahkan bantuan zakat komsumtif untuk fakir miskin, guru ngaji dan janda/duda se-Kecamatan Mpunda Tahun 1445 H/2024 M, di Masjid HM Nor Alatif kantor Wali Kota Bima, Sabtu 27 April 2024.

Aji Rum Bagikan Zakat Konsumtif, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat - Kabar Harian Bima
Pj Wali Kota Bima HM Rum bersama masyarakat penerima manfaat zakat konsumtif. Foto: Ist

Rum menyampaikan, saat ini masih dalam Bulan Syawal, masa dimana semua pada fase pendomblengan iman dan amal. Suasana Ramadan harus diterapkan pada bulan-bulan setelahnya, seperti memperbanyak sedekah, menebalkan iman dan amal sholeh.

Aji Rum Bagikan Zakat Konsumtif, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat - Kabar Harian Bima

“Termasuk zakat infaq dan sedekah harus tetap istiqomah pada bulan setelah puasa, tidak harus kita wajib melakukannya pada bulan Ramadan saja, melainkan kita diuji pada bulan setelahnya,” ujar Rum.

Menurut dia, orang yang beruntung dan yang kurang beruntung sama-sama mendapatkan ujian dari Allah SWT. Orang beruntung diuji dengan keimanannya, bagaimana mampu memanfaatkan hartanya, dan orang yang kurang beruntung sekalipun tetap diuji sampai dimana batas kesabarannya.

“Dengan bersyukur dan rutin bersedekah kepada saudara-saudara yang membutuhkan, selesai persoalan ini. Jika diberi kelebihan janganlah sombong, karena itu semua akan diuji,” ujarnya.

Lebih berat diberi ujian bagi seseorang yang diberikan kelebihan. Zakat, infaq dan sedekah itu tidak akan mengurangi sedikitpun harta, malah Allah SWT akan menambahnya berlipat-lipat.

“Mudah-mudahan Kota Bima aman, damai, terhindar dari musibah dan bencana dan saling sayang menyayangi satu sama lain,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Kota Bima H Nurdin Mansyur mengatakan, pendistribusian zakat bagi mustahiq ini merupakan rutinitas tiap tahun dilakukan oleh Baznas di tiap kecamatan se-Kota Bima.

“Hari ini giliran Kecamatan Mpunda sebanyak 350 orang, dari 10 kelurahan, masing-masing 35 orang per kelurahan, terdiri dari 25 fakir miskin, 5 janda/duda, 5 guru ngaji. Masing-masing mendapatkan beras 10 kg dan uang tunai 150 ribu,” sebutnya.

Nurdin mengaku, bantuan zakat konsumtif yang didistribusikan hari ini bagi fakir miskin, guru ngaji dan janda/duda se-Kecamatan Mpunda berasal dari zakat profesi dari Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kota Bima.

*Kahaba-01