Kabar Kota Bima

Letakkan Batu Pertama Pembangunan RLH Baznas, Mukhtar: Langkah Nyata Kurangi Kemiskinan Ekstrem

239
×

Letakkan Batu Pertama Pembangunan RLH Baznas, Mukhtar: Langkah Nyata Kurangi Kemiskinan Ekstrem

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pj Wali Kota Bima H Mukhtar didampingi Pj Sekda Kota Bima H. Supratman meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat kurang mampu, di Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda, Jum’at 13 September 2024.

Letakkan Batu Pertama Pembangunan RLH Baznas, Mukhtar: Langkah Nyata Kurangi Kemiskinan Ekstrem - Kabar Harian Bima
Pj Wali Kota Bima H Mukhtar saat meletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni Baznas. Foto: Ist

Program pembangunan RLH bersumber dari zakat masyarakat yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Provinsi kerjasama dengan Baznas Kota Bima ini juga dihadiri Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan, Ketua dan Anggota Baznas Kota Bima, Camat Mpunda dan Lurah Sambinae.

Saat sambutan, Mukhtar mengapresiasi dedikasi dan kerja keras Baznas Provinsi kerjasama dengan Baznas Kota Bima melalui program pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu yang ada di Kota Bima.

Selain program pembangunan RLH dari Baznas sambungnya, program pembangunan rumah layak huni yang sama ada juga pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bima. Walau tidak banyak, namun program ini menjadi salah satu indikator dalam rangka menurunkan prevalensi stunting dan kemiskinan ekstrim.

“Kami hanya berharap kepada masyarakat agar kami didoakan selalu sehat, sehingga kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu, khususnya yang mendapatkan program rumah layak huni ini,” ujar Pj Wali Kota Bima.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan menyampaikan, jika melihat dari anggaran hibah yang ada memang tidak cukup. Namun berkat akselerasi dan kerjasama Baznas yang mengelola zakat dan dana hibah, sehingga program ini benar-benar nyata dinikmati oleh masyarakat.

Alfian menambahkan, dengan adanya rencana Pemerintah Kota Bima membangun rumah sakit yang representatif di Kota Bima, ditambah dengan adanya rumah sehat Baznas, maka fasilitas dan layanan kesehatan di Kota Bima akan semakin baik dan lengkap.

“Berkat kerjasama antara Legislatif dan Eksekutif, kami mohon do’akan agar tahun depan rencana pembangunan rumah sakit Kota Bima dengan anggaran 170 miliar dari pemerintah pusat dapat terrealisasi, lokasinya di gedung kantor Wali Kota Bima yang lama”, ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Bima H Nurdin mengungkapkan, program pembangunan rumah layak huni ini murni dari pengelolaan zakat bersumber dari masyarakat yang dilakukan oleh Baznas Provinsi kerjasama dengan Baznas Kota Bima.

“Alhamdulillah, sejak tahun 2021 sudah terbangun RLH sebanyak 25 unit, tahun 2022 sebanyak 20 unit, tahun 2023 sebanyak 15 unit dan tahun 2024 sebanyak 28 unit,” pungkasnya.

*Kahaba-01