Kabar Kota Bima

Bappeda Kota Bima Terima Kunjungan Bappeda NTB, Monitoring dan Evaluasi Ranwal RPJPD

1101
×

Bappeda Kota Bima Terima Kunjungan Bappeda NTB, Monitoring dan Evaluasi Ranwal RPJPD

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima menerima kunjungan Bappeda Provinsi NTB, Jumat 26 Januari 2024, dalam rangka supervisi penyusunan monitoring dan evaluasi Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2024-2045.

Bappeda Kota Bima Terima Kunjungan Bappeda NTB, Monitoring dan Evaluasi Ranwal RPJPD - Kabar Harian Bima
Bappeda Kota Bima saat menerima kunjungan dari Bappeda NTB. Foto: Ist

Sekretaris Bappeda Kota Arif Roesman Effendi menyampaikan, Ranwal RPJPD Kota Bima saat ini sedang berproses di DPRD, agar dapat memperoleh kesepakatan awal terhadap substansi visi dan misi.

Bappeda Kota Bima Terima Kunjungan Bappeda NTB, Monitoring dan Evaluasi Ranwal RPJPD - Kabar Harian Bima

Dijelaskannya, secara teknis bahwa sistematika penyusunan Ranwal RPJPD Kota Bima sudah mengacu pada Mendagri Nomor 1 Tahun 2024 tentang pedoman penyusunan RPJPD 2025-2045, serta surat edaran bersama Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Bappenas dengan Mendagri yang mengatur penyelarasan dokumen RPJPN 2025-2045 dengan RPJPD Provinsi dan Kabupaten Kota 2025-2045.

Meskipun demikian, saat ini juga tim yang telah menyusun Ranwal RPJPD sedang melakukan beberapa penyesuaian terkait rumusan misi. Indikator utama pembangunan dan arah kebijakan pembangunan dari RPJPN 2025-2045 yang mengusung konsep 17 arah, 8 misi dan 45 indikator utama pembangunan (17-8-1945).

“Hal ini dilaksanakan agar RPJPD bisa searah dan selaras dengan visi, misi, indikator utama serta arah kebijakan pembangunan nasional dalam RPJPN,” katanya.

Arif menambahkan, dalam kunjungan supervisi tersebut secara teknis dilanjutkan pertemuan antara pejabat fungsional perencana ahli madya Bappeda provinsi NTB, dengan tim penyusun RPJPD Kota Bima. Agenda tersebut guna membahas sejumlah langkah kebijakan ke depan, dalam mensukseskan program pemerintah.

*Kahaba-04