Kabar Kota Bima

Bulan Ramadan, Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi Zakat Fitrah

1280
×

Bulan Ramadan, Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi Zakat Fitrah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mengisi bulan Ramadan, jajaran Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima fokus melaksanakan sosialisasi pengumpulan zakat fitrah. Maka guna memaksimalkan kegiatan itu, akan mengirimkan 21 da’i untuk menyampaikan informasi pada masyarakat.

Bulan Ramadan, Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi Zakat Fitrah - Kabar Harian Bima
Sosialisasi zakat fitrah oleh Baznas Kota Bima. Foto: Eric

“Seluruh da’i ini telah kami angkat, dan telah bekerja untuk menyampaikan sosialisasi zakat fitrah,” ujar Ketua Baznas Kota Bima H Nurdin Mansyur, Senin 25 Maret 2024.

Bulan Ramadan, Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi Zakat Fitrah - Kabar Harian Bima

Nurdin menjelaskan, besaran zakat fitrah adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kilogram beras, atau dalam bentuk uang yang setara dengan Rp 35 ribu rupiah perorang.

“Nilai zakat ini meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu yaitu Rp 25 ribu rupiah. Bertambahnya nilai ini karena harga bahan pokok beras mengalami lonjakan, sehingga disesuaikan dengan kondisi terkini,” katanya.

Ia menambahkan, adapun manfaat mengeluarkan zakat fitrah untuk mensucikan hati dan jiwa. Artinya mengeluarkan zakat fitrah adalah bentuk ibadah yang dapat membersihkan diri dari sifat kikir dan kecintaan terhadap harta dunia.

“Dengan berbagi kepada masyarakat yang lebih membutuhkan, kita dapat merasa lebih bersih dan damai dalam hati dan menambah keimanan kita pada yang maha kuasa,” tambahnya.

*Kahaba-04