Pendidikan

Dinas Dikpora Monev PKBM, Pastikan Pendidikan dan Warga Belajar Aktif

527
×

Dinas Dikpora Monev PKBM, Pastikan Pendidikan dan Warga Belajar Aktif

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan anggaran pemerintah pusat, Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) melalui Bidang PNF kini tengah intens turun lapangan, untuk monitoring KBM Faktual terhadap sejumlah lembaga PKBM yang mendapatkan bantuan dana operasional paket A, B dan C.

Dinas Dikpora Monev PKBM, Pastikan Pendidikan dan Warga Belajar Aktif - Kabar Harian Bima
Kabid PNF Dinas Dikpora Zainuddin saat Monev KBM di PKBM Al Azim Kelurahan Jatibaru. Foto: Ist

“Pekan ini kami mulai turun Monitoring dan Evaluasi (Monev) disejumlah PKBM,  seperti di lembaga Al-Azim Kelurahan Jatibaru berdasarkan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Kabid PNF Zainuddin, Jumat 17 Februari 2023.

Dinas Dikpora Monev PKBM, Pastikan Pendidikan dan Warga Belajar Aktif - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.No 3/P/2023 Tentang Penetapan Satuan biaya, Penerima Dana dan Besaran Alokasi BOP PAUD Reguler dan BOP Kesetaraan maka proses pencairan dana dilakukan dalam 2 tahap, yaitu semester I antara pada periode Januari sampai Juni dan semester II pada bulan Juli sampai Desember.

“Kegiatan Monev KBM awal yang kami lakukan hari ini untuk memastikan program belajar berjalan dengan baik dan data warga belajar yang ikut dalam proses pembelajaran sesuai dengan yang disampaikan,” katanya.

Mantan Lurah Mande itu berharap, dengan adanya kucuran dana tersebut, angka putus sekolah maupun yang tidak tamat bisa dituntaskan sesuai program wajib belajar.

Maka dari itu, dirinya juga meminta pada masyarakat agar ikut mengawal dan mengontrol terkait jalannya program pendidikan tersebut. Terutama proses KBM maupun warga belajar itu apakah ril di lapangan.

*Kahaba-04