Kabar Kota Bima

DPPKB Gelar Lomba PIK-R dan BKR

307
×

DPPKB Gelar Lomba PIK-R dan BKR

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kota Bima menggelar kegiatan lomba Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR).

DPPKB Gelar Lomba PIK-R dan BKR - Kabar Harian Bima
Foto bersama peserta kegiatan lomba PIK-R dan BKR. Foto: Ist

Kegiatan dilaksanakan disejumlah tempat seperti di SMKN 3 Kota Bima, MAN 2 Kota Bima, SMPN 1 Kota Bima serta kelompok PIK-R di Kelurahan Lewirato dan Sambinae secara serentak, Kamis 18 Mei 2023.

DPPKB Gelar Lomba PIK-R dan BKR - Kabar Harian Bima

Kepala DPPKB Kota Bima Nurjanah menjelaskan, keluarga merupakan pondasi utama tahannya generasi dan keluarga, serta sebagai wadah utama dan pertama dalam membina dan mengasuh anak-anak. Terutama dalam pertumbuhan serta perkembangannya, agar selanjutnya tidak melahirkan generasi yang stunting.

“Lomba ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi dari PIK-R dan BKR oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa, agar menjadi agen perubahan bagi kesehatan dan kesadaran diri para remaja,” jelasnya.

Guna memaksimalkan PIK-R dan BKR, maka pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendesain program generasi berencana (glGenre), dengan harapan semua penyiapan untuk memaksimalkan potensi remaja sebagai penerus pembangunan bangsa dapat tercapai.

“Remaja sebagai generasi emas penerus bangsa, perlu dipersiapkan menjadi manusia sehat secara jasmani dan rohani maupun mental serta spritual,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Koperindag itu menambahkan, di era modern ini dunia terus maju dan berkembang, tentu mempengaruhi segala aspek di antaranya yang masih sering terjadi di kalangan remaja seperti pergaulan bebas, pernikahan anak, HIV AIDS dan lainnya.

Maka untuk menghindari berbagai permasalahan remaja tersebut, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melalui program program generasi berencana (genre), yakni dibentuknya PIK-R dan BKR baik jalur pendidikan maupun jalur masyarakat.

Melalui terbentuknya PIK-R, para remaja diharapkan mampu mengatasi permasalahannya sendiri melalui strategi pendidik dan konselor sebaya. Artinya remaja mampu mencapai dan menetapkan solusinya, akan permasalahan yang dihadapi rekan remajanya yang lain.

“Saat ini di Kota Bima telah terbentuk 41 PIK-R, yaitu secara rincian melalui jalur pelajar sebanyak 25 PIK-R dan melalui jalur masyarakat sebanyak 16 PIK-R,” tambahnya.

*Kahaba-04