Kabupaten Bima

Hingga Agustus, Sat Lantas Polres Bima Tangani 55 Kasus Kecelakaan

475
×

Hingga Agustus, Sat Lantas Polres Bima Tangani 55 Kasus Kecelakaan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Selama 8 bukan terakhir, Sat Lantas Polres Bima sudah menangani 55 kasus kecelakaan, baik kecelakaan roda dua maupun roda 4.

Hingga Agustus, Sat Lantas Polres Bima Tangani 55 Kasus Kecelakaan - Kabar Harian Bima
Kasat Lantas Polres Bima IPTU Niko Herdianto. Foto: Deno

Kasat Lantas Polres Bima IPTU Niko Herdianto menyampaikan, sampai Agustus tahun 2022, ada 55 kasus kecelakaan yang ditangani. Dari jumlah itu, terdapat 20 orang yang menjadi korban meninggal dunia, 57 orang luka berat dan 50 orang mengalami luka ringan.

Hingga Agustus, Sat Lantas Polres Bima Tangani 55 Kasus Kecelakaan - Kabar Harian Bima

“Ada 3 faktor utama terjadinya kecelakaan, faktor manusia, faktor sarana dan prasarana dan faktor kelengkapan kendaraan,” sebutnya, Senin (22/8).

Kasat menjelaskan, dari faktor manusia itu mencapai 60 persen karena mereka sering memaksakan berkendara dalam keadaan tidak sehat, di bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat berkendara dan anak yang masih di bawah umur.

Sedangkan faktor sarana dan prasarana mencapai 30 persen, yakni rusaknya jalan, cuaca dan pencahayaan jalan yang kurang. Kemudian faktor kelengkapan hanya 10 persen. Hal itu mencakup tidak adanya spion, tidak menggunakan helm serta tidak melengkapi kelengkapan lainnya.

“Masyarakat harus memahami betul 3 faktor utama itu, agar bisa terhindar dari terjadinya kecelakaan,” katanya.

Niko mengimbau masyarakat bisa menaati semua aturan berlalu lintas, jadikan diri sendiri sebagai pelopor keselamatan saat berkendara di jalan raya.

*Kahaba-05