Kabar Kota Bima

Kendala Diperbaiki, Air Bersih SPAM Sambinae Segera Aliri Rumah Warga

1680
×

Kendala Diperbaiki, Air Bersih SPAM Sambinae Segera Aliri Rumah Warga

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas PUPR Kota Bima Agus Purnama menyampaikan tanggapan soal pekerjaan peningkatan SPAM jaringan perpipaan Kelurahan Sambinae. Hingga saat ini, diakuinya tim teknis terus bekerja dan memastikan hari ini air bersih dari proyek SPAM akan mengalir ke pemukiman warga. (Baca. Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih

Kendala Diperbaiki, Air Bersih SPAM Sambinae Segera Aliri Rumah Warga - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas PUPR Kota Bima Agus Purnama. Foto: Eric

“SPAM Sambinae sebenarnya sudah berfungi dan dimanfaatkan. Namun belakangan terdapat beberapa kendala,” ujarnya, Kamis 11 Mei 2023. (Baca. Proyek SPAM Miliaran tidak Berfungsi, Warga BTN Sambinae Tambah Sengsara)

Kendala Diperbaiki, Air Bersih SPAM Sambinae Segera Aliri Rumah Warga - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, sejumlah kendala tersebut seperti sering terjadi kebocoran pada pipa lama, sehingga menyebabkan berkurangnya air yang masuk ke bak reservoir.

“SPAM dengan system pompa rawan sekali dengan kebocoran, sedikit kebocoran akan berdampak besar pada air yang dialirkan,” ungkapnya. (Baca. Proyek SPAM Miliaran tak Bernilai Manfaat, Contoh Kegagalan Pemkot Bima

Kemudian hal lain yakni, kondisi jaringan pipa pelayanan di dalam perumahan masih ada kendala, sehingga beberapa gang pelayanannya belum maksimal.

Kendati ada keinginan sebagian masyarakat untuk mengelola sendiri SPAM Sambinae, namun kurang melaksanakan perbaikan kebocoran dan pengisian pulsa listrik tidak optimal.

“Puncaknya minggu kemarin pompa tidak beroperasi beberapa hari,” tuturnya.

Pada Hari Rabu kemarin sambung Agus, tim teknis mulai melakukan perbaikan dan menangani 3 titik kebocoran. Dan hari ini pompa akan dijalankan kembali untuk melayani warga, dan akan dikawal agar optimal.

“Air sudah mengalir pada bak penampung besar. Hari ini juga akan segera dialiri ke rumah warga,” katanya.

Pada prinsipnya tambah Agus, PUPR akan terus berupaya mengoptimalkan sistem yang ada, dengan terus mencari titik kebocoran untuk diperbaiki serta pembenahan pipa pelayanannya, sehingga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat.

*Kahaba-01