Kabar Kota Bima

Penderit HIV/AIDS di Kota Bima 49 Orang, 3 Meninggal Dunia

1456
×

Penderit HIV/AIDS di Kota Bima 49 Orang, 3 Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) menyampaikan data terkini tentang jumlah penderita HIV/AIDS, dari bulan Januari sampai akhir Oktober 2023.

Penderit HIV/AIDS di Kota Bima 49 Orang, 3 Meninggal Dunia - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

“Jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 49 orang, sedangkan 3 orang di antaranya meninggal dunia,” sebut Kabid P2PL Dikes Kota Bima Hj Fitriany, Jumat 20 Oktober 2023.

Fitriany menjelaskan, apabila dikroscek pada Tahun 2022 jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 29 orang. Maka ada peningkatkan pada Tahun 2023 dengan jumlah 49 kasus.

Hal ini disebabkan adanya pengaruh perilaku seksual menyimpang, seperti mudahnya berganti pasangan, berhubungan tanpa menggunakan pengaman dan lainnya.

“Kebanyakan penderita HIV/AIDS berasal dari masyarakat yang berkelompok seperti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT),” ungkapnya.

Guna menekan angka penderita kata mantan Kepala PKM Penanae itu, pihaknya intens melakukan pelacakan dan pemeriksaan pada suspect dan juga masyarakat umum. Kemudian juga rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait upaya bersama mencegah penularan HIV/AIDS.

“Kami telah menempatkan petugas untuk penanganan HIV/AIDS pada instansi kesehatan, untuk melakukan screening. Kemudian jika ada indikasi sebagai penderita, akan diarahkan pada RSUD Kota Bima untuk menjalani pengobatan lebih lanjut,” tambahnya.

*Kahaba-04